11.560 KK di Poso akan terima dana BST

id poso,dana BST

11.560 KK di Poso akan terima dana BST

Bupati Poso Darmin A Sigilipu dan Kepala Dinsos Poso Farid Awad saat launching penyaluran dana BST di kantor poso (ANTARA/Feri Timparosa)

Poso (ANTARA) - Sebanyak 11.560 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Poso akan menerima dana Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp600 ribu/bulan dari anggaran Kementerian Sosial  untuk mengatasi dampak COVID -19.

Bantuan itu akan di terima selama tiga bulan dari April-Juni 2020, yang akan diberikan secara bertahap melalui Bank dan Kantor Pos.

"Yang tidak memiliki nomor rekening akan di terima di Kantor Pos, sementara yang memiliki nomor rekening diterima via Bank," ujar Kepala Seksi Identifikasi dan Penguatan Kapasitas Bidang Fakir Miskin Dinsos Poso, Supadi, Selasa.

Menurutnya penerima BST itu, hanya mereka yang tergolong miskin atau yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Non DTKS atau mampu namun terdampak COVID-19. Sementara yang tidak berhak menerima BST itu yakni, Perangkat Desa, Pensiunan, Pengusaha Sukses, dan PNS.

Kata Supadi, jumlah 11.560 KK itu merupakan kuota yang diberikan untuk Kabupaten Poso. Sementara data yang ada di Kemensos itu hanya sekita 11 ribu lebih KK.  Untuk mencukupi data kuota itu, pihak Dinsos Poso mengambil dari data KK yang sesuai verikasi desa yang tidak termasuk di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Sementara berjalan ini, yang sudah tersalurkan yakni tahap pertama dan tahap kedua, untuk berapa yang sudah menerima kami belum dapat data itu," kata Supadi.

Dinsos Poso hanya bertugas mengawasi dan melihat penyaluran dana itu, untuk selebihnya tentang berapa tahap dan sudah tersalurkan itu ada di Kemensos.

Kata Supadi yang di salurkan saat ini merupakan dana penyaluran bulan April.

Dia katakan, dana untuk tiga bulan itu masih dalam rencana sesuai dengan perkembangan . Pihak Dinsos Poso tidak dapat memastikan penerima akan menerima dana itu selama atau sebanyak tiga bulan sebesar Rp1.800 ribu.

"Semua ini tergantung dari Kemensos pak, kalau penyaluran itu kami sudah mulai salurkan sejak 13 Mei yang untuk bulan April punya,"

Dia katakan keterlambatan penyaluran itu, akibat lambatnya verifikasi data dari kabupaten yang baru akan verifikasi lagi. Dana dari Kemensos itu di kirim langsung ke rekening pribadi dan melalui kantor Pos.
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar