Bupati Sigi Irwan minta Budha Tzu Chi tambah 100 unit huntap penyintas

id Huntap Sigi,Bupati Sigi,Pemkab Sigi,huntap pombewe,penyintas sigi

Bupati Sigi Irwan minta Budha Tzu Chi tambah 100 unit huntap penyintas

Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta (kanan/kemeja putih) menerima kunjungan Tim Budha Tzu Chi,di Kantor Bupati Sigi, Kamis. (ANTARA/HO-Humas Bupati Sigi)

Iya, kami telah memohon secara lisan kepada pihak Budha Tzu Chi untuk menambah pembangunan 100 unit huntap bagi penyintas
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohammad Irwan Lapatta meminta Yayasan Budha Tzu Chi menambah 100 unit hunian tetap (huntap) untuk penyintas gempa dan likuefaksi di daerah tersebut.

"Iya, kami telah memohon secara lisan kepada pihak Budha Tzu Chi untuk menambah pembangunan 100 unit huntap bagi penyintas," ucap Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta di Sigi, Jumat.

Mohammad Irwan mengatakan permohonan kepada pihak Budha Tzu telah disampaikan secara lisan, saat pihak Budha Tzu Chi bersilaturahim ke Bupati Sigi, Kamis (17/12), berlangsung di Kantor Bupati.

Bupati menjelaskan, 100 hunian tetap tersebut rencananya diberikan kepada warga penyintas bencana gempa dan likuefaksi, yang rumahnya rusak total terdampak bencana tersebut 28 September 2020.

Warga penyintas itu, sebut dia, saat ini tidak lagi memiliki hunian tetap dan sedang menyewa kontrakan untuk tempat mereka berteduh dan beristirahat.

"Iya, ada penyintas yang saat ini sedang tinggal di kontrakan, mereka juga tidak termasuk penerima huntap 500 unit yang sebelumnya dibangun oleh Budha Tzu Chi di Pombewe," ujar Bupati.

Bupati menyebut bahwa Pemkab Sigi akan berusaha menyediakan lahan untuk pembangunan 100 unit huntap tambahan tersebut, demi memulihkan warga penyintas di daerah itu.

"Lokasi 100 unit huntap ini kami usulkan di Desa Pombewe, di lokasi relokasi," ungkap dia.

Berkaitan dengan itu, Ketua Tim Verifikasi Warga Penerima Bantuan Huntap Budha Tzu Chi Jhoe Riadi meminta Pemkab Sigi untuk segera menyurat secara resmi kepada Budha Tzu Chi terkait dengan usulan penambahan 100 huntap tersebut.

Pemkab Sigi agar segera mengajukan permohonan kepada Pimpinan Budha Tzu Chi mengenai usulan tersebut," kata Jhoe Riadi.

Jhoe Riadi juga meminta kepada Pemkab Sigi agar membantu percepatan pembangunan penunjang jalan, infrastruktur dan air bersih di lokasi kompleks hunian cinta kasih di Desa Pombewe.