Roa Jaga Roa latih relawan COVID-19 di Kota Palu

id PPKM,Roa Jaga Roa,COVID Sulteng,Covid Palu

Roa Jaga Roa latih relawan COVID-19 di Kota Palu

Sejumlah relawan Posko Relawan COVID-19 Roa Jaga Roa mengikuti pelatihan APD yang disampaikan oleh tim kesehatan Balai Pelatihan Kesehatan Sulteng di Posko Relawan COVID-19 Roa Jaga Roa di Kota Palu, Jumat (20/8/2021). ANTARA/HO-Posko Relawan COVID-19 Roa Jaga Roa

Palu (ANTARA) - Posko Relawan COVID-19 Roa Jaga Roa (teman jaga teman) memberikan pelatihan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi relawan yang bertugas mengoperasikan ambulans dan penyelamatan (rescue) selama pendemi COVID-19 di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.

''Pelatihan penggunaan APD penting agar relawan yang membantu memberikan pelayanan kepada warga yang terpapar COVID-19 tetap aman dan tidak tertular," kata Koordinator Isolasi Terpadu Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Sulteng, Fitri saat memberikan pelatihan yang berlangsung di Posko Relawan COVID-19 Roa Jaga Roa , Jumat(20/8).

Baca juga: NasDem bantu APD bagi relawan penanganan COVID-19 di Sulteng

Dalam pelatihan singkat itu diawali dari tahapan mencuci tangan yang sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19.

Setelah itu para relawan diajari cara memakai sarung tangan lateks yang benar, baju pelindung diri atau hazmat dan pengenalan penggunaan tabung oksigen.

"Peserta pelatihan begitu antusias dan merespon dengan baik setiap tahapan materi,"ujarnya.

Salah satu relawan Roa Jaga Roa Ridwan yang mengikuti kegiatan itu menyatakan penting memahami penggunaan APD ketika hendak menangani warga yang terpapar COVID-19.

"Karena semua relawan belum tentu tahu apakah penggunaan APD selama itu sesuatu protokol kesehatan atau tidak,"ucapnya.

Baca juga: Roa Jaga Roa bantu oksigen konsentrat kepada PMI Sulteng

Relawan Posko COVID-19 Roa Jaga Roa Andi Kaimuddin mengatakan pelatihan tersebut sengaja dilakukan agar para relawan khususnya tim rescue tetap aman dalam menjalankan tugasnya.

"Kita sangat berharap dapat menolong warga yang terkena corona dan teman-teman rescue juga tidak tertular," katanya.

Baca juga: Mahasiswa KKN Unismuh Palu jadi relawan penanganan warga isoman