Roa Jaga Roa bantu oksigen konsentrat kepada PMI Sulteng

id Sulteng,Sandi,Palu,Ppkm

Roa Jaga Roa bantu oksigen konsentrat kepada PMI Sulteng

Senior Volunteer Roa Jaga Roa Andi Mulhanan Tombolotutu (kanan) menyerahkan bantuan oksigen konsentrat kepada Ketua PMI Sulteng Hidayat Lamakarate (kiri) di Posko Roa Jaga Roa di Palu, Sabtu (14/8/2021). ANTARA/HO-Roa Jaga Roa

Palu (ANTARA) - Posko Relawan Covid-19 Roa Jaga Roa menyerahkan lima unit oksigen konsentrat kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Tengah untuk digunakan di pusat isolasi terpadu pasien COVID-19.

Penyerahan dilakukan di Posko Roa Jaga Roa, Komplek Radio Nebula, Jalan Rajawali No 28, Kota Palu, Sabtu, dari Senior Volunteer Roa Jaga Roa Andi Mulhanan Tombolotutu kepada Ketua PMI Sulteng Hidayat Lamakarate.

Andi Mulhanan Tombolotutu mengatakan oksigen konsentrat tersebut diserahkan untuk digunakan di pusat isolasi terpadu, gedung Bapelkes yang dikelola Pemkot Palu dan BPSDM yang dikelola Pemprov Sulawesi Tengah.

"Alat ini sudah menghasilkan oksigen sendiri jadi tidak perlu lagi dilakukan pengisian ulang seperti tabung oksigen biasa," kata Mulhanan.

Sementara itu, Ketua PMI Sulawesi Tengah Hidayat Lamakarate berterima kasih kepada Roa Jaga Roa atas penyerahan oksigen konsentrat untuk dioperasikan PMI SulawesibTengah.

"Alat ini nantinya digunakan untuk pasien isolasi terpadu baik warga Kota Palu maupun sekitar yang membutuhkan. PMI menyiapkan tenaga untuk mengoperasikan dan mengawasi pemakaiannya," kata Hidayat Lamàkarate.

Hidayat juga mengapresiasi kerja-kerja kemanusiaan Roa Jaga Roa yang membantu pasien isolasi mandiri dan tidak terjangkau pemerintah.

"Saya ke Kabupaten Banggai dan Ampana, nama Roa Jaga Roa sudah dikenal. Kita berharap daerah lain juga melakukan gerakan serupa meski dengan nama berbeda," kata Hidayat.

Saat ini Roa Jaga Roa sudah menangani 500-an warga terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri. Roa Jaga Roa setiap hari mendistribusikan rata-rata 200-an paket makan siang dan malan, membantu fasilitasi ke fasilitas kesehatan, obat-obatan, kebutuhan oksigen dan ambulans.