Laga terakhir Praveen/Melati kalah, tim Garuda gagal ke semifinal

id praveen jordan,melati daeva oktavianti,piala sudirman,bulu tangkis,badminton

Laga terakhir Praveen/Melati kalah, tim Garuda gagal ke semifinal

Arsip - Ganda campuran Melati Daeva Oktavianti dan Praveen Jordan saat tampil pada Olimpiade Tokyo di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, 28 Juli 2021. (REUTERS/LEONHARD FOEGER)

Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menelan kekalahan saat menghadapi wakil Malaysia Hoo Pang Ron/Cheah Yee See pada laga perempat final kejuaraan beregu campuran Piala Sudirman 2021.



Dalam pertempuran yang berlangsung di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Sabtu dini hari WIB, Praveen/Melati bertekuk lutut dalam tiga gim dengan skor 19-21, 21-9, 16-21. Dengan begitu, Indonesia tidak dapat melaju ke semifinal.



Pertarungan antara kedua pasangan itu begitu ketat pada gim pertama. Mereka saling berbagi angka dan bergantian memimpin jalannya pertandingan.



Setelah imbang 8-8, pasangan negeri Jiran itu berbalik unggul dan terus mendominasi hingga memperlebar jarak 15-10.



Praveen/Melati terus mengekor, namun tak sampai menyamakan kedudukan. Akhirnya mereka kehilangan gim pertama dengan skor 19-21.



Pada gim kedua, permainan Ron/See menurun secara signifikan. Mereka sepertinya tidak ingin membuang terlalu banyak tenaga karena ingin berlanjut hingga gim ketiga.



Dengan kekuatan lawan yang terus menurun, Praveen/Melati memanfaatkan kondisi tersebut untuk terus mengumpulkan poin hingga merebut gim kedua dengan skor telak 21-9.



Pada gim penentu, permainan Ron/See benar-benar meningkat. Mereka bahkan mencuri poin-poin awal dan terus memimpin sampai kedudukan imbang 10-10.



Setelah itu, Praveen/Melati memberikan perlawanan dan mencoba membalikkan keunggulan. Namun usaha mereka sia-sia. Kedudukan kembali imbang 11-11 dan Ron/See mempercepat tempo permainan untuk menambah perolehan angka hingga memenangkan laga dengan skor akhir 21-16.



Dengan hasil tersebut, maka Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia dan tidak dapat melanjutkan ke babak semifinal Piala Sudirman tahun ini.



Sebelumnya, dua wakil Garuda yang juga menelan kekalahan, yaitu ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang takluk di tangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik 12-21, 15-21, serta tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting yang ditundukkan oleh Lee Zii Jia 11-21, 16-21.



Sementara dua poin kemenangan direbut oleh tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung atas Kisona Selvaduray lewat permainan rubber game 22-20, 18-21, 21-19, dan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang juga menang rubber game 22-20, 17-21, 21-18 atas pasangan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.



Selanjutnya pada laga semifinal Piala Sudirman yang akan digelar Sabtu, China dijadwalkan bertemu dengan Korea Selatan pada pukul 14.00 WIB, sedangkan Malaysia menghadapi Jepang pada pukul 20.00 WIB.