Gubernur wajibkan pelaku perjalanan masuk Sulut tes antigen

id Corona

Gubernur  wajibkan pelaku perjalanan masuk Sulut tes antigen

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey. ANTARA/Karel A Polakitan (1)

Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara  Olly Dondokambey mewajibkan pelaku perjalanan yang masuk wilayah tersebut melalui bandara Sam Ratulangi Manado untuk melakukan tes antigen.

"Kita sangat ketat bagi pelaku perjalanan yang akan memasuki wilayah ini, masuk Sulut wajib antigen" sebut Gubernur Olly di Manado, Sabtu.

Langkah ini menurut dia dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19 di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa itu.

Pemerintah provinsi, kata dia, terus menambah fasilitas layanan kesehatan untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan kasus COVID-19.

"Kita juga bekerja sama dengan Kodam 13 Merdeka memanfaatkan bangunan yang belum digunakan untuk dimanfaatkan sebagai tempat isolasi terpadu," ujarnya.

Menurut politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, apabila kasus meningkat maka pemerintah daerah harus menyiapkan fasilitas layanan kesehatan pendukung.

"Sediakan payung sebelum hujan, artinya sebelum puncak pandemi kita sudah menyiapkan fasilitas pendukung. Syukur-syukur bila tidak dimanfaatkan," katanya.

Beberapa pekan belakangan ini, provinsi ujung utara Sulawesi itu tengah dalam lonjakan kasus COVID-19.

Kasus baru yang bertambah pada beberapa hari lalu mencapai 1.014 orang atau melampaui kasus yang terjadi pada puncak gelombang kedua bulan Juli 2021 yaitu 708 orang.