Diskominfo Sulteng: Set top box TV digital sudah beredar di pasaran

id settopbox, digital, kominfo, kotapalu, sigi

Diskominfo Sulteng: Set top box TV digital sudah beredar di pasaran

Ilustrasi set top box (STB). ANTARA/HO- (Istimewa)

Kota Palu (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sulawesi Tengah memastikan set top box (STB) TV digital telah beredar di sejumlah toko elektronik di daerah ini.

“Diskominfo mengimbau masyarakat, khususnya di Kota Palu dan Kabupaten Sigi segera membeli alat penangkap siaran digital tersebut,” kata Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Diskominfo Sulteng Hasim saat dihubungi, di Palu, Minggu

Hal itu menyusul penerapan "analog switch off" (ASO) tahap pertama yang akan dilakukan pemerintah pada akhir April 2022 di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

"Imbauan saya kepada masyarakat yang mampu kalau bisa membeli STB jangan menunggu 30 April 2022," ungkapnya.

Menurutnya, set top box tersebut dapat dibeli dengan cara online maupun offline. Ia menyarankan agar warga membeli STB yang bersertifikat Kominfo.

"Bisa dibeli sekarang online dan offline. Marketplace bisa, di toko elektronik sudah ada, dan diajarkan cara memasang dengan harga dari Rp200 ribu sampai Rp300 ribu," jelasnya.

Ia mengatakan biasanya kalau permintaan banyak maka diiringi dengan harga yang melonjak. Set top box merupakan alat tambahan pada televisi yang digunakan untuk menangkap siaran digital.

Setelah tanggal 30 April, kata dia, wilayah yang masuk ASO tahap pertama hanya bisa menerima siaran televisi digital. Jika masih menggunakan televisi model lama dan belum bisa menangkap siaran digital, maka masyarakat perlu menggunakan set top box atau tidak bisa menonton siaran televisi terestrial sama sekali.

Diskominfo Sulteng hingga saat ini terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penghentian siaran analog ini, baik secara tatap muka, melalui media sosial, dan pemberitaan media massa.

"Kalau kita sudah siap mengedukasi masyarakat. Kita sudah sosialisasi ke perguruan tinggi, termasuk bertatap muka langsung dengan masyarakat," jelas Hasim.

Ia mengatakan beberapa keuntungan yang didapatkan masyarakat menikmati siaran digital, seperti tayangan siaran jernih dan berbagai macam konten siaran lain.