Bupati Parigi apresiasi bantuan para pihak penanganan banjir di Torue

id Bupati paarimo, Samsurizal Tombolotutu, banjir bandang, banjir Torue, Parigi Moutong, Sulteng,torue

Bupati Parigi  apresiasi bantuan para pihak penanganan banjir di Torue

Sejumlah anak bermain di puing-puing bangunan rumah yang roboh akibat disapu banjir bandang di Desa Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu (30/7/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Bupati Parigi Moutong, Sulawesi Tengah Samsurizal Tombolotutu mengapresiasi keterlibatan para pihak ikut membantu penanganan pascabanjir bandang di Desa Torue.
 
"Kami berterimakasih atas bantuan para pihak yang sudah turut membantu warga kami yang terdampak bencana," kata Samsurizal ditemui di Torue, Parigi Moutong, Sabtu.
 
Ia menjelaskan, banjir bandang Torue telah ditetapkan status tanggap darurat sejak Jumat (29/7) sesuai hasil rapat koordinasi dengan sejumlah pihak dan telah dituangkan dalam surat keputusan.
 
Pemkab Parigi Moutong juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, serta Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).


 
Ia mengemukakan, hingga tiga hari pascabanjir bantuan logistik dan relawan turus berdatangan membantu penanganan warga terdampak dengan harapan komunikasi serta koordinasi terus terbangun sehingga kerja-kerja kemanusiaan terlaksana secara terorganisir sesuai bidang masing-masing.
 
Selain itu, upaya pencarian korban hilang masih menjadi prioritas, termasuk pembersihan material kayu dan lumpur di rumah-rumah warga serta pemenuhan dasar korban bencana.
 
"Masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memiliki tugas dan tanggung jawab, oleh karena itu jangan sampai ada warga terdampak yang kelaparan. Pendistribusian logistik kepada pengungsi juga perlu di atur," ujar Samsurizal.
 
Ia memaparkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR), Badan Nasional Penanggulangan Bencana, (BNPB) hingga Kementerian Sosial serta sejumlah OPD Pemprov Sulteng telah menyatakan membantu penanganan bencana di Kecamatan Torue.
 
Ia juga memerintahkan OPD teknis secepatnya melakukan percepatan penanganan sarana dan prasarana yang rusak supaya permasalahan cepat terselesaikan, sehingga penanganan selanjutnya fokus ke sektor lain.
 
"Kami terus berupaya menormalkan situasi pascabencana untuk ketentraman warga terdampak," kata Samsurizal menambahkan.
 
Dijadwalkan, Minggu 1 Agustus 2022 Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto dengan agenda peninjauan lokasi banjir bandang di Desa Torue, sekaligus menyerahkan bantuan logistik.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bupati Parigi apresiasi batuan para pihak penanganan banjir Torue