Gencarkan edukasi mengenai pentingnya imunisasi dasar bagi anak

id imunisasi dasar,imunisasi anak,unsoed,perlindungan anak dari penyakit,edukasi orang tua,edukasi imunisasi

Gencarkan edukasi mengenai pentingnya imunisasi dasar bagi anak

Epidemiolog lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dr Yudhi Wibowo. ANTARA/Sumarwoto.

Jakarta (ANTARA) - Pakar Epidemiologi Lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dr Yudhi Wibowo menyatakan  pemerintah perlu terus menggencarkan edukasi mengenai pentingnya imunisasi dasar untuk memberikan perlindungan pada anak.

"Edukasi harus terus digencarkan guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat, khususnya para orang tua," kata Yudhi Wibowo ketika dihubungi ANTARA dari Jakarta, Selasa.

Pengajar di Fakultas Kedokteran Unsoed Purwokerto, Jawa Tengah, itu menambahkan ada banyak jenis penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

"Misalkan difteri, campak, polio, campak, tetanus, hepatitis B, pertusis, hingga haemophilus influenzae tipe B," katanya.

Karena itu, lanjutnya, edukasi mengenai pentingnya imunisasi dasar pada anak diharapkan dapat meningkatkan cakupan imunisasi dasar.

"Diharapkan dapat mendukung Universal Child Immunization atau suatu kondisi dimana tercapainya cakupan imunisasi dasar secara lengkap pada anak," katanya.

Selain mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya pemberian imunisasi dasar sebagai bentuk proteksi pada anak, kata dia, pemerintah juga harus senantiasa mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS).

"Terapkan PHBS secara intensif dalam keluarga untuk mendukung upaya pencegahan penyakit menular," katanya.

Yudhi juga mengingatkan mengenai pentingnya pola makan bergizi seimbang guna mendukung kesehatan dan daya tahan tubuh anak.

"Penuhi kebutuhan gizi harian yang diperlukan anak-anak, terutama yang kaya akan protein hewani, untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatannya," kata Yudhi.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Suprapto mengatakan imunisasi dasar merupakan hal penting untuk memberikan perlindungan optimal bagi anak-anak Indonesia.

"Imunisasi dasar sangat bermanfaat untuk melindungi anak dari berbagai penyakit yang bisa dicegah dengan vaksinasi misalkan saja penyakit polio, difteri, campak, rubella, hepatitis B dan berbagai penyakit lain," katanya.

Imunisasi dasar, kata dia, juga dapat mendukung tumbuh kembang anak agar makin optimal mengingat anak-anak merupakan generasi penerus bangsa.