Dinkes Kabupaten Sigi pastikan realisasi PIN Polio capai 95,3 persen tahap dua

id Pin Polio ,Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Imunisasi polio,Pemkab Sigi

Dinkes Kabupaten Sigi pastikan realisasi PIN Polio capai 95,3 persen tahap dua

Pemerintah Kabupaten Sigi saat pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Desa Binangga, Kecamatan Marawola beberapa waktu lalu. (ANTARA/Moh Salam)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), memastikan realisasi pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di daerah itu sudah mencapai 95,3 persen untuk tahap kedua.
 
Kepala Dinkes Kabupaten Sigi Trieko Stefanus Larope di Bora, Jumat, mengemukakan capaian imunisasi polio berdasarkan sasaran riil di Kabupaten Sigi untuk dosis dua mencapai 95,3 persen.
 
"Untuk realisasi pelaksanaan PIN Polio Kabupaten Sigi pada dosis satu sebesar 107,1 persen dan dosis dua 95,3 persen," kata Trieko.
 
Ia mengatakan hal itu melampaui target yang sudah ditentukan yaitu sebesar 95 persen dari pemerintah pusat.
 
Laporan pengelola imunisasi, kata dia, berdasarkan sasaran Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) pada dosis pertama adalah 80,93 persen.
 
"Kalau laporan pengelola imunisasi capaian berdasarkan sasaran Pusdatin terhadap PIN polio dosis pertama sebesar 80,93 persen dan dosis dua 76 persen," ucapnya.
 
Ia menuturkan terus menggenjot capaian imunisasi polio di Kabupaten Sigi pada tahun 2024 tersebut sebelum pelaksanaan PIN Polio berakhir pada tanggal 23 Oktober mendatang.
 
"Pasti ada langkah-langkah untuk meningkatkan PIN Polio di daerah ini, seperti melalui teman-teman pengelola program imunisasi di puskesmas untuk lebih aktif dan masif mengunjungi sasaran-sasaran di wilayah kerjanya masing-masing," sebutnya.
 
Sebelumnya Pemkab Sigi menargetkan imunisasi polio kepada balita dan anak-anak di daerah itu sebanyak 36.095 guna memberikan perlindungan dari virus polio.
 
Pelaksanaan PIN polio untuk dosis pertama sudah dilakukan tanggal 23-29 Juli dan dosis kedua pada tanggal 3 hingga 14 Agustus 2024.
 
"Tahun 2023 dan 2024 tidak menemukan adanya kasus polio di Kabupaten Sigi," ujar Trieko.