Polres Parigi Moutong gencarkan patroli kamtibmas di bulan Ramadhan

id Polres Parimo, Yudy Wiyono, kapolresparimo, Kamtibmas, ramadhan, puasa, Sulteng

Polres Parigi Moutong gencarkan patroli kamtibmas di bulan Ramadhan

Kapolres Parigi Moutong, AKBP Yudy Arto Wiyono. ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Polres Parigi Moutong, dan Polsek jajaran menggencarkan kegiatan patroli untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif di Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah.
 
"Polri terus berupaya memberikan kenyamanan kepada warga yang menjalankan ibadah puasa dengan memastikan situasi keamanan kondusif," kata Kapolres Parigi Moutong AKBP Yudy Arto Wiyono di Parigi, Sabtu.
 
Menurut dia, situasi yang aman perlu diciptakan, supaya masyarakat nyaman menjalankan ibadah sebulan penuh di momen Ramadhan.
 
Oleh karena itu, patroli salah satu model pencegahan yang efektif dilakukan, dan tentunya giat ini lebih kepada pendekatan persuasif, preventif dan edukatif, namun tetap melakukan penindakan jika terjadi gangguan.
 
"Giat ini sudah berlangsung tiga hari. Patroli berlangsung sejak pukul 05:00 WITA hingga pukul 17:00 WITA, kemudian dilanjutkan malam hari. Giat ini berlangsung hingga Idul Fitri nanti," ucapnya.
 
Kata dia, balap liar juga menjadi salah satu fokus penertiban, karena beberapa hari terakhir aktivitas balap liar pada waktu-waktu tertentu cukup marak dan dinilai mengganggu arus lalu lintas, termasuk penertiban kenalpot bising (suara keras) pada kendaraan roda dua.
 
Dari tiga hari operasi dilakukan, Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Parigi Moutong berhasil mengamankan puluhan sepeda motor terlibat balap liar dan menggunakan kenalpot bising.
 
"Ini salah satu tindakan tegas kepolisian, karena suara bising sepeda motor mengganggu masyarakat yang sedang ibadah, sebagaimana laporan masyarakat. Mereka yang melanggar ditindak tegas sesuai peraturan perundang-undangan sebagai bentuk efek jera supaya mereka tidak mengulangi perbuatannya," tuturnya.
 
Ia mengajak seluruh masyarakat di kabupaten ini bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, dan menghargai umat lain yang sedang menjalankan ibadah.