Polda Metro Jaya siapkan 600 personel pada arus milir Lebaran

id Polda Metro Jaya,Arus Balik,Arus Milir,Ditlantas

Polda Metro Jaya siapkan 600 personel pada arus milir Lebaran

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat diwawancarai di Jakarta, Senin (17/4/2023). ANTARA/Ilham Kausar

Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan sekitar 600 personel untuk mengatur lalu lintas arus milir (balik ke hilir) Lebaran 2023.
 
"Kita telah siapkan sampai 600 personel lebih dari tanggal 24-25 April, kemudian dilanjut tanggal 29 April sekitar 700 personel untuk pengaturan di dalam tol di awasi 'exit tol' kita perkuat betul," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dihubungi di Jakarta, Senin.
 
Latif juga telah mempersiapkan sistem lalu lintas satu arah (one way) diterapkan di Tol Kalikangkung KM 414 hingga Tol Cikampek KM 72 kemudian KM 72-Km 47 (Cikampek-Karawang Barat)
 
"Nah kalau panjang lagi akan dilakukan one way sampai KM 26. Kalau panjang lagi lanjut sampai KM 3. Nah kita sendiri di dalam Kota akan kita lakukan 'contra flow', " katanya.
 
Latif juga akan memaksimalkan pengaturan di Cikunir khususnya lajur dalam Kota ke Tanjung Priok maupun Pondok Indah.
 
"Kita bagi rata apabila kepadatan terjadi di dalam Kota akan dibuang dulu ke Tanjung Priok maupun ke arah Pondok Indah," ujarnya.



 
Latif juga telah mengantisipasi kepadatan di pintu tol dengan menambah petugas tiap pintu-pintu tol.
 
Di pintu tol akan ditambah petugas tiap pintu tol. Setelah itu diperkuat di jalur arteri keluar tol dari Cibatu, Cibitung, Cikarang Cikarang Barat sampai Bekasi Barat, Bekasi Timur.

" Di 'exit tol' seluruh Jakarta akan diperkuat personel yang diperbantukan dari Sabhara maupun Brimob untuk memperlancar arus yang akan keluar dari jalur tol ini," katanya.
Pemerintah memprediksi puncak arus milir (balik ke hilir) Lebaran 2023 berlangsung pada 24-25 April serta 29-30 April dan 1 Mei 2023.
 
"Dari analisis yang kami dapatkan, puncaknya dimulai pada Senin tanggal 24 April, Selasa tanggal 25 April, lalu Sabtu 29 April, Minggu tanggal 30 April dan Senin tanggal 1 Mei," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai Rapat Koordinasi Persiapan Arus Balik Idul Fitri 2023 di Jakarta, Minggu (23/4).