Presiden dijadwalkan buka Sail Teluk Cenderawasih 2023

id Sail Teluk Cenderawasih,Jokowi,Papua,Sail

Presiden dijadwalkan buka Sail Teluk Cenderawasih 2023

Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Sekretariat Wakil Presiden Velix Vernando Wanggai memberi sambutan dalam acara Pesona Seni Budaya Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 dan Peluncuran Promosi Papan STC di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/10/2023). ANTARA/Putu Indah Savitri

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan dijadwalkan membuka Sail Teluk Cenderawasih 2023 yang dijadwalkan akan berlangsung pada 1 November di Kabupaten Biak Numfor, Papua.

“Dalam rencana, pada 1 November Presiden hadir langsung di Biak,” ujar Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Sekretariat Wakil Presiden Velix Vernando Wanggai kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.

Pernyataan tersebut ia sampaikan usai memberi sambutan dalam acara Pesona Seni Budaya Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 dan Peluncuran Promosi Papan STC di Bundaran HI, Jakarta.

Terkait Wakil Presiden sekaligus Ketua Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) atau Badan Pengarah Papua (BPP) Ma’ruf Amin, Velix mengatakan bahwa pada 2 Desember 2022, Ma’ruf Amin telah menghadiri pelepasan ekspor ikan tuna sebanyak 1,4 ton dari Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Biak, Provinsi Papua, ke negara tujuan Jepang.

Velix menjelaskan, baik Sail Teluk Cenderawasih 2023 dan pelepasan ekspor ikan tuna tersebut merupakan bentuk dari upaya pemerintah untuk mempercepat pembangunan Papua.

“Kami ingin lebih banyak event-event nasional di Papua yang bisa menggerakkan,” kata Velix.

Lebih lanjut, ia juga berharap agar lebih banyak penyelenggara acara yang mengadakan pagelaran di Papua untuk menyatukan gerak langkah pemerintah. Dengan demikian, kata Velix, pergerakan ekonomi, semangat sosial dan budaya, serta persatuan dapat terpicu di Papua.

“Sehingga langkah-langkah percepatan pembangunan Papua, baik dari sisi program, sisi regulasi, dari sisi kebudayaan, dan sisi kesatuan antarwilayah di Tanah Papua yang saat ini da 6 provinsi ada sinkronisasi,” kata dia.

Diketahui, Sail Teluk Cenderawasih 2023 akan berlangsung pada 1-7 November 2023. STC 2023 di Biak Numfor merupakan program strategis nasional bidang kepariwisataan serta menjaga kedaulatan kemaritiman Indonesia di kawasan Pasifik.

Dalam acara tersebut akan digelar berbagai kegiatan kemaritiman, ekspor perikanan, pameran UMKM, pentas seni budaya, pasar kuliner, serta acara hiburan.

“Yang kami inginkan adalah kebanggaan anak-anak muda kepada Indonesia. Itu yang penting,” ujar Velix.