Pemkab Bangkep tingkatkan kualitas keamanan-ketertiban masyarakat

id Pemkab Bangkep,Keamanan bangkep,Ketertiban bangkep,Sekda Bangkep,Rusli Moidady

Pemkab Bangkep tingkatkan kualitas keamanan-ketertiban masyarakat

Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan Rusli Moidady (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)

Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Pemkab Bangkep), Sulawesi Tengah, meningkatkan kualitas keamanan dan ketertiban masyarakat, demi menopang kelancaran dan kesuksesan pembangunan daerah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangkep, Rusli Moidady, di Bangkep, Senin, mengemukakan bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat menjadi hal penting dan mendasar dalam pembangunan daerah.

"Hal ini berkorelasi langsung dengan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan pembangunan daerah," ucap Rusli.

Upaya Pemkab Bangkep dalam meningkatkan kualitas keamanan, ketertiban masyarakat, ketentraman dan perlindungan masyarakat, dilakukan dengan membentuk peraturan daerah.

Saat ini Pemkab Bangkep melalui Badan Satuan Polisi Pamong Praja sedang membentuk rancangan peraturan daerah tentang keamanan dan ketertiban masyarakat. Draf rancangan peraturan daerah itu telah selesai dibuat, dan telah disosialisasikan kepada masyarakat melalui kegiatan uji publik.

"Hal ini bertujuan agar masyarakat memberikan saran dan masukan serta berpartisipasi dalam pembuatan produk hukum daerah," ujarnya.

Ranperda tersebut disusun mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.

Dalam Permendagri tersebut disebutkan bahwa Satuan Polisi Pamong Praja di daerah, dibentuk untuk menegakkan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan linmas.

"Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan sangat berharap masukan dan saran dari masyarakat lewat uji publik rancangan peraturan ini, agar peraturan daerah yang diterbitkan menjadi lebih matang dan dapat dipedomani bersama,” ungkapnya.

"Kami juga mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan uji publik rancangan peraturan daerah tentang ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat yang tengah di laksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja di Kabupaten Banggai Kepulauan," sebutnya.