Danrem: 17 program prioritas TMMD di Tolitoli selesai tepat waktu

id TMMD, TNI, tentara, danrem, Korem Tadulako, Sulteng, Tolitoli

Danrem: 17 program prioritas TMMD di Tolitoli selesai tepat waktu

Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto meninjau jembatan desa hasil kegiatan TMMD usai menutup program TMMD ke-118 di Desa Galumpang Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Kamis (19/10/2023). ANTARA/HO-Korem 132/Tadulako

Tolitoli, Sulteng (ANTARA) -
Danrem 132l/Tadulako  Brigjen TNI Dody Triwinarto mengatakan 17 program prioritas dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 tahun 2023 di Di desa Galumpang Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah selesai tepat waktu sesuai dengan target.
 
"Program yang diusung dalam kegiatan TMMD terlaksana 100 persen," kata Dody saat menutup penyelenggaraan TMMD di Tolitoli, Kamis.
 
Ia menjelaskan, TMMD ke-118 di Sulteng mengusung tujuh kegiatan fisik diantaranya peningkatan jalan kurang lebih tiga kilometer dengan lebar empat meter sebagai akses penghubung antar dusun, kemudian pembangunan musholla di Desa Galumpang, dan rehabilitasi sejumlah komponen masjid.
 
Kemudian, pembuatan dua buah plat deucker, pembuatan dua unit plat pelintas, pembuatan jembatan desa sepanjang 11 meter, pembangunan dua unit MCK yang termasuk dalam sasaran tambahan upaya dari Dansatgas TMMD.
 
Selain itu, ada pula kegiatan non fisik diantaranya bakti sosial pengobatan gratis dan pemberian sembako, penyuluhan/sosialisasi wawasan kebangsaan, bela negara dan deradikalisasi, hukum dan kamtibmas.
 
Kemudian kegiatan pelayanan publik dan kependudukan, penanganan stunting, posyandu/KB kesehatan, posbindu (PTM), pertanian, perikanan/peternakan serta pencegahan narkoba.
 
"Saya mengapresiasi prajurit yang telah bekerja membantu masyarakat membangun desa," ujarnya.
 
Menurut dia, keberhasilan program dan kegiatan dalam TMMD tidak terlepas dari dukungan masyarakat desa setempat yang turut terlibat aktif, dan program dijalankan sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 TNI tidak hanya melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) tetapi juga turut membantu tugas pemerintah di daerah, khususnya melaksanakan pembangunan. 
 
"Saya berpandangan bahwa tema TMMD kali ini sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat semakin kuat menjadi tambahan energi dan semangat untuk terus berjuang bersama rakyat membangun negeri," tuturnya.
 
Danrem menambahkan, melalui semangat kebersamaan ini menjadi hakikat kemanunggalan TNI-rakyat yang mampu menggerakkan seluruh potensi wilayah untuk mewujudkan kekuatan pertahanan nasional yang kokoh.
 
"Kami juga berterima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolitoli dan jajaran Forkopimda yang turut mengawal kegiatan ini hingga akhir. TMMD berlangsung sejak 20 September hingga 19 Oktober 2023," demikian Dody.