UIN Datokarama Palu sinergi Kemenag laksanakan seleksi CPNS-CPPPK

id UIN Datokarama,Cpns uin datokarama,Cpppk uin datokarama,Kepala Biro AUPK UIN Datokarama,Suleman Awad

UIN Datokarama Palu sinergi Kemenag laksanakan seleksi CPNS-CPPPK

Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (BAUPK) UIN Datokarama Suleman Awad. (ANTARA/HO-Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama bersinergi dengan Kementerian Agama (Kemenag) melaksanakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK).



"UIN Datokarama tetap berkoordinasi dan konsultasi dengan Kemenag terkait dengan proses pelaksanaan seleksi CPNS maupun CPPPK," ucap Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (BAUPK) UIN Datokarama Suleman Awad, di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat.



Berdasarkan data Bagian Kepegawaian UIN Datokarama bahwa jumlah total pendaftar CPNS dan CPPPK pada Satker UIN Datokarama sebanyak 184 orang.



Mereka mendaftar pada satu jabatan formasi untuk CPNS dan enam jabatan formasi untuk CPPPK. Pendaftaran dilakukan secara online melalui sscasn.bkn.go.id.



Berdasarkan hasil seleksi administrasi yang dilakukan oleh panitia pusat dari total 184 yang mendaftar, hanya 105 pendaftar yang lulus pada tahapan seleksi administrasi.



Suleman, pria ramah jebolan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) mengemukakan bahwa untuk kelancaran pelaksanaan seluruh proses dan tahapan seleksi CPNS dan CPPPK, maka UIN Datokarama juga bersinergi dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).



Melalui sinergi tersebut peserta yang lulus pada tahapan seleksi administrasi akan mengikuti tahapan seleksi tertulis berbasis komputer (CAT). Peserta yang mendaftar di UIN Datokarama Palu akan mengikuti ujian tertulis berbasis CAT di UPT BKN di Kota Palu.



Suleman yang juga aktivis Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA) mengimbau kepada peserta agar mempersiapkan diri dengan memperbanyak belajar dan membaca untuk memudahkan para peserta dalam menjawab soal pada seleksi berbasis CAT.



Ia juga mengimbau kepada peserta untuk menjaga kesehatan fisik agar dapat mengikuti dengan baik .



"Di samping itu, peserta juga harus memastikan selalu mendapat informasi perkembangan terkait dengan proses seleksi CPNS dan CPPPK," imbuhnya.



BKN merilis total pelamar CASN tahun 2023 sebanyak 2.409.882 orang yang antara lain terdiri dari 945.404 pelamar CPNS, 439.020 pelamar CPPPK Guru, 637.313 pelamar CPPPK Tenaga Teknik dan 388.145 pelamar CPPPK Tenaga Jesehatan.



Dari total jumlah tersebut pelamar CPNS pada Kemenag berjumlah 4.207 orang dan 126.437 pelamar melamar sebagai CPPPK Teknis pada Kemenag.