Pemkot Palu harap Jambore TP PKK tingkatkan kreativitas kader

id Pemkot Palu,Jambore TP PKK Kota Palu ,Kreativitas dan inovasi kader PKK,Kota Palu

Pemkot Palu harap Jambore TP PKK tingkatkan kreativitas kader

Pengurus TP PKK menampilkan kreativitas masing-masing dalam lomba yel-yel pada Jambore TP PKK di Kota Palu, Selasa (7/11/2023). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah berharap Jambore Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menjadi ajang untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi seluruh kader PKK dalam berkontribusi untuk daerah dan masyarakat.
 
"PKK sebagai garda terdepan dalam pemberdayaan perempuan dan keluarga memiliki peran sangat penting untuk berkontribusi dalam memajukan daerah dan masyarakat kita," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu Mohammad Rizal saat menyampaikan sambutan Wali Kota Palu di Kota Palu, Selasa.
 
Ia mengatakan pelaksanaan Jambore PKK menjadi ajang bagi para kader dari delapan kecamatan se-Kota Palu untuk semakin meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam membantu menyukseskan program-program Pemkot Palu dalam berbagai bidang.
 
 
Kader PKK, kata dia, sebagai mitra pemerintah daerah memiliki peran yang strategis dalam membantu pemerintah mewujudkan Palu Mantap Bergerak.
 
"Pelaksanaan Jambore PKK ini mencerminkan tekad kita untuk menciptakan sebuah kota yang inklusif, berkelanjutan dan berdaya saing," katanya.
 
Ia mengatakan pelaksanaan Jambore PKK ini diharapkan bisa membentuk kader-kader PKK yang baik dan tangguh, meningkatkan kualitas sumber daya kepengurusan tim penggerak PKK yang ada di kecamatan se-Kota Palu.
 
"Mari bersatu untuk mewujudkan visi bersama daerah kita. Saya berharap kader PKK menjadi motor penggerak program pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera secara merata di wilayah ini," katanya.
 
Dia juga mengajak kader PKK bersama dengan pemerintah setempat terus bekerja sama, berkolaborasi dalam rangka mewujudkan 10 program pokok PKK dan berperan aktif terhadap pembangunan daerah di Kota Palu.
 
Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Palu Diah Puspita mengatakan kegiatan jambore kader PKK yang baru pertama kali diselenggarakan ini merupakan wadah untuk memupuk rasa kebersamaan, mempererat hubungan silaturahim guna menambah wawasan pengetahuan, keterampilan dan kreativitas.
 
"Saya berharap momentum ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam rangka terwujudnya kader penggerak PKK yang andal untuk semakin memajukan daerah kita ini," katanya.
 
 
Dia mengajak kader untuk semakin meningkatkan kinerja dalam menjalankan 10 program pokok PKK.

Menurut dia, sebagai mitra pemerintah daerah, kader PKK harus mengetahui seluruh program Pemkot Palu sebagai upaya membantu pemerintah dalam menyukseskan program-program yang ada.
 
Dalam kesempatan itu, kader PKK se-Kota Palu berkompetisi dalam berbagai lomba, seperti lomba Masakan Kreasi Tekan Inflasi (Marisi) dan lomba penyuluhan sebagai bentuk upaya meningkatkan kreativitas kader PKK di setiap kecamatan.