Menginap di rumah warga, Capres Ganjar disuguhi "tempe kemul" khas Wonosobo

id Ganjar Pranowo,Wonosobo,Pemilu 2024,Tempe Kemul

Menginap di rumah warga, Capres Ganjar disuguhi "tempe kemul" khas Wonosobo

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo saat menyapa masyarakat di Desa Bojasari, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (18/12/2023). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

Wonosobo (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo bermalam di salah satu rumah warga di Desa Bojasari, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Senin.

Ganjar keluar dari rumah warga tersebut sekitar pukul 07.30 WIB. Ganjar yang mengenakan kaos berwarna putih itu menyapa dan menyalami beberapa warga setempat.

Ganjar mengungkapkan dirinya mendapat banyak cerita masyarakat setempat hingga disuguhi makanan khas daerah Wonosobo, yaitu tempe kemul.

Tempe kemul adalah makanan ringan yang dibuat dari tempe dibalut adonan tepung lalu digoreng. "Kemul" dalam Bahasa Jawa berarti selimut.

Warga pun terlihat antusias menghampiri Ganjar yang berkeliling. Mantan gubernur Jawa Tengah dua periode itu terlihat memasuki salah satu rumah warga dan bercengkerama.

Ganjar menceritakan pengalamannya selama bermalam di rumah warga mendapat banyak aspirasi. Selain itu, dia juga mendengar cerita-cerita keseharian warga.

"Lebih banyak ngobrol tentang kondisi keseharian, ya; karena tadi Pak Ustaz yang (rumahnya) saya tempati, beliau bercerita soal kondisi masyarakat yang ada di sekitarnya, sekolah-sekolahan," cerita Ganjar.

Dia menambahkan ada seorang tokoh agama di desa tersebut yang memiliki pondok pesantren di mana santrinya banyak berasal dari luar Wonosobo.

"Tadi, kalau yang di sana, ada satu lagi satu tokoh ustaz juga, yang santri-santrinya itu ternyata dari banyak tempat di luar Wonosobo, bahkan dari luar Jawa; yang intinya, mereka dulu, ya, mohon maaf, istilahnya orang yang punya masalah, terus kemudian masuk ke sini. Lebih pada cerita-cerita aktivitas sosial gitu yang disampaikan," kata Ganjar.

Dia menilai selalu ada hal-hal menarik saat dia bermalam di rumah warga. Ganjar pun menyambut baik cerita-cerita yang disampaikan warga tersebut.

"Menarik, sih, selalu ada yang luapan-luapan emosi. Kalau gembira diekspresikan gembira, kalau protes diekspresikan protes, gitu. Selalu menyenangkanlah kalau tidur di rumah penduduk," tambahnya.

Selain mendapat suguhan tempe kemul, Ganjar juga mencicipi singkong rebus yang disiapkan oleh warga setempat. Dia pun terlihat menikmati suasana bermalam di rumah warga.

"Jamuannya singkong rebus, ada tempe kemul, khas Wonosobo; tetapi kalau biasanya, suasana jam segini dingin, ya, biasanya, tetapi hari ini agak beda, tidak terlalu dingin," ujar Ganjar.

KPU RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.