KPU Parimo terima 333.829 surat suara DPD-RI

id KPUparimo, Dirwan Korompot, pemilu, logistik pemilu, surat suara, DPD-RI, pesta demokrasi, Parigi Moutong, Sulteng

KPU Parimo terima 333.829 surat suara DPD-RI

Ketua KPU Parigi Moutong, Dirwan Korompot memberikan keterangan terkait logistik Pemilu 2024. ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah telah menerima logistik surat suara Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) sebanyak 333.829 lembar untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.


 


"Logistik sudah berada di gudang KPU tiba pada Minggu (17/12) malam. Saat ini masih surat suara untuk DPD yang kami terima," kata Ketua KPU Parigi Moutong Dirwan Korompot di Parigi, Senin.


 


Ia menjelaskan, 333.829 lembar surat suara tersebut sudah terhitung dengan ketambahan dua persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Parigi Moutong 326.675 pemilih.


 


Surat suara di distribusi dari Pelabuhan Pantoloan Kota Palu menggunakan truk dan dikawal oleh pihak kepolisian guna menjaga keamanan logistik hingga sampai ke tujuan.


 


"Ada 668 dos kami terima sesuai dengan berita acara," ujarnya.


 


Ia mengemukakan, surat suara selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kualitas bersamaan dengan proses pelipatan dan sortir yang diupayakan pada Januari mendatang.


 


"Pelipatan surat suara kami bicarakan secara internal terlebih dahulu, paling lambat proses pelipatan pada bulan Januari 2024," ucap Dirwan.


 


Menurut dia, surat suara merupakan salah satu logistik penting dalam penyelenggaraan pemilu, begitu pun dengan logistik lainnya yang saling berkaitan, sehingga KPU harus memastikan kelengkapan atribut pemilu guna menjamin ketepatan jumlah dan ketepatan kualitas.


 


Selanjutnya, distribusi empat surat suara yakni Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), DPRD provinsi dan DPRD kabupaten menyusul setelah selesai dicetak oleh pihak penyedia.


 


"Kami menunggu informasi jadwal pendistribusian ke daerah dari pihak penyedia. Saat ini logistik yang sudah berada di gudang selain surat suara DPD-RI yakni kota dan bilik suara termasuk tinta, sedangkan logistik lainnya akan menyusul," tuturnya.