Kantor-SAR Palu kumpulkan 52 kantong darah dari aksi donor darah

id Basarnas, Kansar palu, donor darah, Bhakti sosial, misi kemanusiaan, PMI, Sulteng, Sulawesi Tengah ,Kotapalu,Tranfusi Da

Kantor-SAR Palu kumpulkan 52 kantong darah dari aksi donor darah

Personel Polri dan Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Palu saat mendonorkan darah pada rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-52 Badan SAR Nasional (Basarnas) di Kota Palu, Kamis (22/2/2024). ANTARA/HO-Kantor SAR Palu.

Palu (ANTARA) -
Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Palu Sulawesi Tengah mengumpulkan 52 kantong darah dari aksi donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palu.

 

"Donor darah sebagai salah satu aksi sosial untuk memenuhi kebutuhan stok darah di Kota Palu dan sekitarnya," kata Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga SAR Palu Rusmadi di Palu, Kamis.

 

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian menyambut HUT Badan SAR Nasional yang akan diperingati pada 28 September 2024, maka jauh sebelumnya aksi-aksi sosial sudah dilakukan untuk membantu kebutuhan masyarakat.

 

Aksi donor darah dilaksanakan secara serentak, baik di Basarnas pusat maupun Kantor SAR seluruh Indonesia, dan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap menjelang HUT Basarnas.

 

"Adapun peserta donor, tidak hanya dari pegawai Kantor SAR Palu, kami juga mengundang instansi-instansi terkait seperti TNI, Polri, Potensi SAR, dan masyarakat ikut bergabung," katanya.

 

Ia juga memaparkan, kurang lebih 101 peserta menjalani tes kesehatan sebelum donor, dari jumlah itu 49 orang di antaranya tidak memenuhi syarat karena tensi dan dan hemoglobin (HB)-nya rendah.

 

Selanjutnya 52 orang memenuhi syarat setelah melewati serangkaian tes kesehatan. Ke-52 orang itu dinyatakan memenuhi syarat dan telah memenuhi target Basarnas.

 

"52 kantong darah berhasil dikumpulkan sesuai dengan usia Basarnas 52 tahun, Alhamdulillah target ini tercapai. Darah hasil donor selanjutnya diserahkan kepada pihak PMI untuk digunakan sebagaimana mestinya," kata Rusmadi.

 

Pada kesempatan itu, ia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada para pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan tersebut, dengan harapan apa yang telah dilaksanakan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan transfusi darah.