Lapas Kelas III Kolonodale gelar buka puasa bersama keluarga bagi warga binaan

id Lapas Kolonodale ,Buka puasa bersama keluarga ,Warga binaan pemasyarakatan ,Sulteng

Lapas Kelas III Kolonodale gelar buka puasa bersama keluarga bagi warga binaan

Warga binaan pemasyarakatan berbuka puasa bersama keluarga di Aula Dr. Sahadjo Lapas Kolonodale, Morowali, Senin (25/3/2024). (ANTARA/HO-Dokumentasi Lapas Kolonodale)

Morowali, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kolonodale, Sulawesi Tengah menggelar buka puasa bersama yang mempertemukan warga binaan pemasyarakatan (WBP) dengan keluarga masing-masing.
 
"Kunjungan buka bersama ini kami laksanakan agar keluarga yang berkunjung maupun warga binaan yang di dalam dapat saling melepas rindu," kata Kepala Lapas Kelas III Kolonodale Arifin di Kabupaten Morowali, Senin.
 
 
Ia mengatakan program buka puasa bersama keluarga bertujuan untuk mempertemukan warga binaan dengan keluarganya dalam momentum bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.
 
Kegiatan ini, kata dia, untuk melanjutkan program tahun sebelumnya dan telah menjadi tradisi tahunan ketika memasuki bulan Ramadhan.
 
Lapas Kolonodale membuka program buka puasa bersama keluarga warga binaan dimulai dari pukul 16.30 WITA sampai pukul 19.00 WITA.
 
Menurut Arifin, keluarga warga binaan dilakukan penggeledahan, baik terhadap barang bawaan maupun badan oleh petugas piket serta bantuan jaga sebelum memasuki area Lapas Kolonodale.

Kemudian, keluarga yang membesuk diberikan nomor antrean dan surat izin membesuk apabila sudah dinyatakan aman.
 
"Kegiatan ini kami laksanakan dengan tetap mengedepankan unsur keamanan, dimana pengawasan dan bantuan pengamanan dikerahkan supaya kegiatan ini berjalan dengan aman serta khidmat," ujarnya.
 
 
Pada kesempatan itu, Kalapas turun langsung dalam mengawasi layanan kunjungan ini. Lapas Kolonodale ingin memberikan hak WBP untuk tetap dapat menjalin silaturahim kepada sanak saudara selama Ramadhan, dan tetap memperhatikan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.
 
Menurut dia, keluarga warga binaan antusias dengan adanya program buka puasa bersama ini. Terhitung pengunjung yang membesuk sebanyak 37 orang untuk 15 orang WBP Lapas Kolonodale.