Karutan Donggala pastikan kualitas pelayanan publik berjalan baik

id Rutan Donggala ,Pelayanan publik,Warga binaan pemasyarakatan ,Kabupaten Donggala ,Sulawesi Tengah

Karutan Donggala pastikan kualitas pelayanan publik berjalan baik

Karutan Donggala Suwandi mengawasi jalannya Layanan Video Call Aman Gratis dan Sejuk (L-Vicagas) bagi warga binaan di Rutan Donggala, Kabupaten Donggala, Sulteng, Rabu (24/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Rutan Donggala)

Donggala, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas IIB Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah Suwandi memastikan kualitas pelayanan publik berjalan baik dan aman bagi kenyamanan para warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan pengunjung Rutan Donggala.
 


"Pengecekan situasi pelayanan kunjungan tatap muka, penitipan barang, dan pengawasan terhadap warga binaan pemasyarakatan secara langsung ini untuk memastikan kualitas pelayanan publik di Rutan Donggala berjalan baik," kata Suwandi di Donggala, Rabu.


 


Karutan Donggala melakukan pengecekan mulai dari awal alur layanan kunjungan tatap muka dan penitipan barang, untuk memastikan setiap pengunjung yang memasuki Rutan Donggala telah mendapatkan pelayanan dari petugas.


 


Dia juga memastikan petugas telah bertindak sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ada pada tahapan penggeledahan barang dan badan pengunjung saat memasuki rutan.


 


"Setiap orang ataupun barang yang akan memasuki dan keluar dari Rutan Donggala akan kami pastikan steril dari hal-hal yang dapat memicu gangguan keamanan dan ketertiban," katanya.


 


Setelah itu, pihaknya juga melakukan pengecekan di ruang kunjungan dengan berdialog bersama dengan para pengunjung dan warga binaan. 


 


Ia menjelaskan tentang salah satu fasilitas yang dapat dimanfaatkan pengunjung ketika ingin membawakan barang-barang tertentu kepada warga binaan namun tidak memiliki waktu, dengan memanfaatkan Layanan Belanja Jarak Jauh (L-Bajau).


 


“Melalui L-Bajau, kami memastikan kelancaran dan kenyamanan setiap warga binaan dan para keluarganya yang akan berkunjung, sehingga situasi kamtibmas di Rutan Donggala dapat terus dalam keadaan kondusif," katanya.


 


Pada kesempatan itu juga, Karutan mengawasi jalannya salah satu layanan Rutan Donggala lainnya, yakni Layanan Video Call Aman Gratis dan Sejuk (L-Vicagas) bagi warga binaan.


 


Ia mengatakan pihaknya terus berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi setiap warga binaan pemasyarakatan melalui pengawasan dan pengecekan secara langsung.