Ketua Sinode EHKN Jerman-MUI Palu bahas kerukunan umat beragama

id MUI Palu,Kerukunan umat beragama ,Sulteng ,Ketua Simone EHKN,Kota Palu

Ketua Sinode EHKN Jerman-MUI Palu bahas kerukunan umat beragama

MUI Kota Palu menerima kunjungan Ketua Sinode Evangelische Kirche in Hessen und Nassau (EHKN) di Palu, Jumat (12/7/2024). (ANTARA/HO-MUI Kota Palu)

Palu (ANTARA) - Ketua Sinode Evangelische Kirche in Hessen und Nassau (EHKN) atau Gereja Injili di Hesse dan Nassau di Jerman, Revern Deltev Knoche dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu membahas terkait situasi kerukunan umat beragama di Sulawesi Tengah.
 
Ketua MUI Kota Palu KH. Zainal Abidin di Palu, Jumat, mengatakan bahwa MUI Palu menyambut baik kehadiran Ketua Sinode Evangelische Kirche in Hessen und Nassau (EHKN) Jerman di Sulawesi Tengah.
 
"Dan kami tentu merasa bangga dikunjungi oleh Ketua Sinode Evangelische Kirche in Hessen und Nassau (EHKN) Jerman," ujar Zainal Abidin.
 
Dalam kunjungan itu, Revern Deltev Knoche didampingi oleh Ketua Jemaat Reinmein Jerman, Jens Balondo, dan Ketua Umum Majelis Sinode Gereja Protestan Indonesia Donggala (GPID), Alexander Zeit Rondonuwu, beserta pengurus GPID.

Mereka disambut oleh Ketua MUI Kota Palu Profesor Kiai Haji Zainal Abidin, dan Sekretaris MUI Kota Palu Doktor Ulumuddin, beserta jajaran pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulteng.
 
Zainal mengemukakan bahwa kehadiran Revern Deltev Knoche di Kantor MUI Kota Palu, menjadi satu simbol bahwa MUI Palu terbuka dan siap bekerja sama dengan multipihak di dalam ataupun luar negeri.
 
Pertemuan antara Revern Deltev Knoche dan rombongan dengan pengurus MUI Palu dan FKUB Provinsi Sulteng dirangkaikan dengan dialog tentang situasi kerukunan umat beragama di Sulawesi Tengah.
 
"Kami siap bekerja sama dengan siapa saja tanpa memandang latar belakang agama, suku, dan keyakinan - keyakinan yang lain," ujarnya.
 
 
Ia mengatakan sinergi atau kerja sama antarorganisasi keagamaan dengan multipihak bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kemaslahatan umat.
 
Lewat kerja sama tersebut, kata dia, maka semua organisasi keagamaan dan semua stakeholder terkait akan bekerja bersama untuk meningkatkan kualitas kerukunan.
 
Menurut Zainal, situasi dan kondisi kerukunan daerah Kota Palu dan Provinsi Sulawesi Tengah sudah sangat baik. Di mana, kehidupan keagamaan dan hubungan antarumat beragama terjalin dengan baik.
 
"Hal ini karena majelis - majelis agama berkeyakinan bahwa persatuan dan kesatuan menjadi hal yang mendasar dan sangat penting," ungkapnya.
 
Ketua Sinode Evangelische Kirche in Hessen und Nassau (EHKN) Jerman Revern Deltev Knoche mengaku senang dapat berjumpa dan bersilaturahim dengan Ketua MUI Kota Palu Profesor Kiai Haji Zainal Abidin dan jajaran pengurus MUI Palu dan FKUB Provinsi Sulteng.
 
Deltev mengatakan bahwa di Jerman, dialog atau diskusi mengenai kerukunan umat beragama juga biasa dilaksanakan yang melibatkan tokoh lintas agama dan mazhab.
 
Ia berharap agar dialog - dialog antar tokoh lintas agama di Sulteng terus ditingkatkan dan digencarkan, demi memperkuat hubungan antar umat beragama.