Ketum Perbasi: Mars bola basket wajib diputar di setiap kegiatan

id PP Perbasi,Danny Kosasih ,Nirmala Dewi ,Mars bola basket Indonesia

Ketum Perbasi: Mars bola basket wajib diputar di setiap kegiatan

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, menyampaikan apresiasi kepada grup musik Govinda yang telah membuat mars Bola Basket Indonesia, Jakarta, Kamis (8/8/2024). ANTARA/Donny Aditra

Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih, mengatakan bahwa mars Bola Basket Indonesia yang baru diluncurkan, wajib diputar di setiap kegiatan olahraga tersebut.

Ia membeberkan, lagu yang dibuat dan disumbangkan oleh grup musik Govinda sebagai mars resmi Perbasi itu akan diputar di setiap ajang yang di bawahi organisasi tersebut, baik di tingkat daerah dan nasional.

"Besok (Jumat, 9/8), seluruh ketua pengurus provinsi Perbasi akan hadir di Jakarta. Nanti di situ akan kami sampaikan bahwa lagu atau mars ini wajib diputar di setiap kegiatan olahraga bola basket di Indonesia," kata Danny usai meluncurkan mars berdurasi dua menitan itu di Jakarta, Kamis siang.

Bahkan, kata dia, lagu itu juga wajib diputar di setiap kegiatan Indonesian Basketball League (IBL), karena kompetisi itu merupakan bagian dari Perbasi.

Lebih lanjut dia membeberkan, kewajiban itu terinspirasi dari kegiatan bola basket di luar negeri yang diselenggarakan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), karena ketika pemanasan sebelum pertandingan saja, lagu atau mars mereka diputar untuk didengar penonton.

"Mars ini juga bertujuan untuk membangkitkan rasa cinta dan memiliki masyarakat Indonesia terhadap bola basket Tanah Air, sehingga bisa mendukung perkembangan olahraga tersebut ke depannya," ujar dia.
Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih (ketiga kiri), bersama Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi (kedua kanan), dan personel musik Govinda, dalam peluncuran mars Bola Basket Indonesia, Jakarta, Kamis (8/8/2024). ANTARA/Donny Aditra


Danny menambahkan, dirinya sangat berterima kasih kepada grup musik Govinda yang telah memberikan sumbangsih sangat berharga untuk membantu perkembangan bola basket melalui karya musik.

Sekretaris Jenderal PP Perbasi, Nirmala Dewi, berharap lirik lagu yang berisi pesan untuk menyemangati perjuangan para pebasket Tanah Air itu, bisa menjadi energi lebih untuk mendorong kegigihan saat bertanding khususnya bagi atlet muda, sehingga menjaga api semangat mereka untuk berprestasi.

"Harapannya akan lebih semangat dengan memiliki lagu penyemangat itu, khususnya untuk anak-anak muda atau calon atlet bola basket yang muda," ujar dia.

Berikut lirik mars Bola Basket Indonesia:

Kami berjanji untuk Merah Putih.
Menjadi patriot bola basket.
Semangat juara, junjung sportivitas, berpegang akhlak mulia.
Dari penjuru di Indonesia, berjuang pantang menyerah.
Kami gigih bertahan, transisi dan menyerang.
Kerja sama jadi juara.

Bola basket Indonesia, berjayalah di setiap arena.
Mengharumkan negara kita tercinta.
Hidup bola basket Indonesia.
Maju bola basket Indonesia.
Jaya bola basket Indonesia.