Pemkab-Poso terima penghargaan UHC dari pemerintah pusat

id Poso ,Pemda poso,Raih penghargaan UHC,Sulawesi Tengah

Pemkab-Poso terima penghargaan UHC dari pemerintah pusat

Bupati Poso Verna G.M. Inkiriwang berfoto dengan piagam penghargaan UHC dari pemerintah pusat di Jakarta, Kamis (8/8/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Poso)

Palu, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan pelayanan BPJS Kesehatan dari pemerintah pusat yang diserahkan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Jakarta, Kamis (8/8).
 
"Kami menyampaikan terima kasih kepada perangkat daerah yang telah bekerja keras dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Poso," kata Bupati Poso Verna G.M. Inkiriwang dalam keterangan tertulisnya diterima di Palu, Jumat.

Ia mengatakan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas komitmen pemerintah daerah dalam mencapai cakupan kesehatan semesta, yang memastikan semua masyarakat Kabupaten Poso memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial.
 
Penghargaan ini, kata dia, merupakan hasil dari dedikasi dan upaya berkelanjutan pemerintah daerah melalui program unggulan 'POSO SEHAT'.
 
Ia menerangkan pada tanggal 10 Januari 2022, Pemkab Poso telah meluncurkan program kesehatan gratis bagi masyarakat yang kurang mampu melalui perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan.
 
Program ini berhasil mencakup 30.486 jiwa dan memastikan bahwa 99,93 persen penduduk Kabupaten Poso telah terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Ia menuturkan bahwa kesehatan merupakan salah satu sektor penting dalam aspek pembangunan daerah, dalam mencapai tujuan kesejahteraan rakyat dan kemakmuran ekonomi.
 
"Oleh karena itu, terima kasih juga saya sampaikan kepada BPJS Kabupaten Poso, karena berkat sinergi ini, Pemerintah Kabupaten Poso dapat meraih penghargaan ini," ujarnya.
 
Untuk itu, dia juga mengajak jajarannya menjadikan prestasi ini sebagai motivasi untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
 
UHC merupakan konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, dan bermutu tanpa adanya hambatan finansial.
 
Di Indonesia, UHC ini diwujudkan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).
 
Sebanyak 33 provinsi dan 452 kabupaten/kota menerima penghargaan UHC atas dedikasi dan komitmen tinggi dalam mewujudkan UHC dengan cakupan perlindungan kepesertaan program JKN-KIS minimal 95 persen dari total penduduk.