FKUB Sulteng-Sulbar kolaborasi tingkatkan kerukunan

id FKUB Sulteng, umat beragama, kerukunan, toleransi, Zainal Abidin, FKUB Sulbar, Sulteng

Palu (ANTARA) -
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Tengah dan FKUB Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) membangun kolaborasi untuk meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama di dua daerah tersebut.
 
"Kolaborasi ini sebagai langkah bersama dalam membangun kerukunan," kata Sekretaris FKUB Sulteng M Munif A Godal di Palu, Senin.
 
 
Ia mengemukakan kolaborasi antar-lembaga menjadi kata kunci untuk mengoptimalisasi dan menggencarkan upaya peningkatan kualitas kerukunan umat beragama dengan mengedepankan toleransi.
 
Upaya ini bentuk komitmen kebangsaan untuk keberlanjutan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
"Lewat kolaborasi ini kami melakukan pembinaan umat beragama di wilayah perbatasan kedua provinsi," ujarnya.
 
Ia menjelaskan pembinaan ini dilakukan dengan mengedepankan pendekatan moderasi beragama demi menciptakan umat beragama yang moderat.
 
FKUB Sulteng sangat aktif menyuarakan pentingnya membangun kerukunan dan toleransi antar-umat beragama melalui pendekatan moderasi beragama.
 
 
Kampanye itu dilakukan melalui berbagai kegiatan sosial keagamaan, yang dalam teknisnya dikolaborasikan dengan pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan, dan masyarakat.
 
"Kerukunan adalah ikhtiar merawat kebhinnekaan, menjaga keutuhan bangsa dalam bingkai NKRI," tutur Munif.