Ihsan Basir sambut baik kehadiran tim Ekspedisi Internasional kekayaan karst

id Ihsan Basir,Bupati Banggai Kepulauan ,Pemkab Bangkep,Kekayaan Karst ,Bupati Bangkep

Ihsan Basir sambut baik kehadiran tim Ekspedisi Internasional kekayaan karst

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir foto Bersama Tim Ekspedisi Internasional Kekayaan Karst. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)

Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir menyambut baik kedatangan Tim Ekspedisi Internasional kekayaan karst di Banggai Kepulauan untuk mengeksplor kekayaan karst yang ada di Kabupaten tersebut.

Kedatangan rombongan peserta ekspedisi Banggai Raya dengan tujuan mengeksplor kekayaan karst yang ada di Kabupaten Banggai Kepulauan.

Bupati Ihsan Basir sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas kunjungan Tim Ekspedisi Internasional Banggai Raya ke daerah Banggai Kepulauan.
 
Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir berdialog dengan Tim Ekspedisi Internasional Kekayaan Karst. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)

Dirinya berharap dengan mengeksplor kekayaan Pulau peling ini, Tim Ekspedisi dapat memberikan manfaat dan perkembangan terkait ekosistem karst khususnya di Banggai Kepulauan.

Menurut Hendrie Adji Kusworo selaku Dosen Magister Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan UGM menyampaikan bahwa Ekspedisi Banggai Raya ini adalah kegiatan Push Conference dari salah satu kegiatan akademik di Universitas Gadjah Mada (UGM) tentang karst.

“Ini adalah push conference activity jadi wujudnya adalah ekspedisi untuk menyusuri 3 kabupaten, kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut sebagai sebuah ekosistem karst yang punya karakter khusus,” ungkapnya.

Hendrie Adji juga mengatakan Tim Ekspedisi Internasional Banggai Raya ini berasal dari beberapa negara diantaranya Indonesia (UGM), Amerika, Malaysia, Francis yang tertarik untuk belajar lebih jauh. Dirinya menambahkan bahwa tim yang datang ini hanya melakukan ekspedisi awal dan dari sini akan muncul kegiatan-kegiatan penelitian bersama-sama terkait 3 (tiga) Banggai Raya dalam sebuah ekosistem.

“Banggai Laut dan Banggai Kepulauan memiliki kekayaan yang luar biasa karena faktor-faktor geologi. Jadi konon menurut para geologis ini adalah arena yang disebut mikro kontinen Banggai Sula,” terang Hendrie.

Anggota Ekspedisi berjumlah 13 orang ini akan mengeksplor wilayah 3 Kabupaten (Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut) menggunakan kapal kurang lebih selama 10 hari yang dimulai dari tanggal 17 Agustus 2024.

Dikesempatan yang sama, Ahli Geohidrologi dari Nevada Amerika Tom menyampaikan bahwa ini adalah pertama kali melakukan perjalanan ke Banggai Kepulauan dan dirinya senang dengan sambutan yang sangat ramah dari Pemerintah Daerah.

Tom berharap dalam ekspedisi kali ini bisa menemukan gua karst yang luar biasa dan indah dalam kegiatan penyelaman nanti.