Pemkab Bangkep gencar promosikan budaya dan wisata

id Ihsan Basir,Pemkab Bangkep,Wisata Bangkep,Bupati Bangkep,Budaya Bangkep

Pemkab Bangkep gencar promosikan budaya dan wisata

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir menghadiri Festival Sea-Sea di Desa Buko Kecamatan Buko Selatan (ANTARA/HO-Diskominfo Pemkab Bangkep)

Bangkep, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Pemkab Bangkep), Provinsi Sulawesi Tengah, terus menggencarkan promosi budaya/kearifan lokal dan potensi wisata yang ada di daerah tersebut, guna menarik minat wisata berkunjung ke Banggai Kepulauan.

Bupati Banggai Kepulauan, Ihsan Basir, Bangkep, Sabtu, menyatakan bahwa promosi budaya dan potensi wisata dilakukan dengan berbagai kegiatan.

"Salah satunya yaitu melalui kegiatan festival," kata Ihsan Basir.

Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan Festival Sea-Sea di Desa Buko Kecamatan Buko Selatan yang dirangkaikan dengan penarikan Mahasiswa KKN-PPM Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

“Kegiatan seperti ini bertujuan untuk menjaga budaya dan kreatif lokal warisan leluhur serta pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Banggai Kepulauan kepulauan,” ucapnya.

Bupati juga mengapresiasi terlaksananya kegiatan Festival Sea-Sea yang kegiatannya berjalan dengan baik.

“Terima kasih saya sampaikan kepada panitia pelaksana serta semua pihak dan masyarakat yang terlibat sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar tanpa ada hambatan apapun,” kata Ihsan.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada para mahasiswa KKN-PPM Universitas Gadjah Mada (UGM) yang beberapa tahun ini telah banyak membantu Pemerintah Daerah dalam membangun Kabupaten Banggai Kepulauan khususnya di bidang pariwisata dan kebudayaan yang ada di desa buko dan sekitarnya sehingga bisa maju.

Melalui momentum festival sosial Gelar Budaya 2024 ini, Bupati berharap agar silaturahmi tetap terjaga antara masyarakat, pemerintah dan para mahasiswa UGM.

“Selaku pemerintah daerah saya berharap akan semakin mempererat tali silaturahmi antara masyarakat, pemerintah dengan mahasiswa KKN-PPM Universitas Gadjah Mada (UGM) sehingga bisa sama-sama bergandeng tangan untuk terus mengembangkan destinasi, budaya dan adat istiadat masyarakat Banggai Kepulauan khususnya masyarakat Sea-Sea,” terangnya.

Festival Sea-Sea Gelar Budaya 2024 saat ini mengangkat tema “Miraculous Sport And Culture Of Banggai Kepulauan” dengan tujuan untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam, budaya serta produk lokal sebagai media promosi untuk menarik minat kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara guna memungkinkan pariwisata yang berkelanjutan.

Bupati mengajak masyarakat menjaga dan terus melestarikan budaya adat istiadat dan keindahan destinasi pariwisata dengan harapan Banggai Kepulauan dapat semakin maju dan berkembang ke arah yang lebih baik.

“Kebudayaan yang merupakan warisan berharga Banggai Kepulauan yang apabila terus dijaga dan dilestarikan akan menjadi suatu Icon sebagai kepulauan yang dikenal oleh masyarakat lokal nasional bahkan sampai internasional yang jika terus dikembangkan khususnya bidang pariwisata dan kebudayaannya akan menjadikan Banggai Kepulauan maju dan berkembang,” tuturnya.

“Saya menghimbau kepada masyarakat kecamatan buko selatan khususnya masyarakat desa buko dan sekitarnya untuk bersama-sama menjaga dan mengelola aset wisata yang telah ada sehingga wisatawan senang berkunjung di desa ini,” ujar Ihsan Basir.

Bupati menyampaikan atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan, kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh mahasiswa KKN-PPM Universitas Gadjah Mada yang telah melaksanakan KKN-PPM di daerah kami, semoga yang diperoleh selama melaksanakan KKN-PPM akan membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas perkuliahan.