KPU Donggala gencar sosialisasi untuk tingkatkan partisipasi pemilih

id Kpu donggala ,Komisi Pemilihan Umum ,Kabupaten Donggala ,Sulawesi Tengah ,Pilkada

KPU Donggala gencar sosialisasi untuk tingkatkan partisipasi pemilih

KPU Kabupaten Donggala usai melakukan sosialisasi di kecamatan Banawa dengan membagikan cokelat dan bunga kepada masyarakat untuk menyampaikan informasi tahapan pilkada serentak tahun 2024. ANTARA/HO - KPU Donggala

Donggala, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah gencar menyosialisasikan informasi tentang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada 27 November 2024 mendatang.
 


Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Donggala Mizul Rahyunita di Donggala, Senin, mengatakan pihaknya rutin sosialisasi terkait tahapan pilkada baik kepada masyarakat maupun pemilih pemula di daerah itu.


 


"Kami tentunya melakukan penyebaran informasi ini dengan membagikan bahan sosialisasi pada pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan mengajak masyarakat agar tidak golput pada 27 November 2024," kata Mizul.


 


Ia mengemukakan segala upaya dan cara dilakukan oleh seluruh jajaran KPU Donggala agar tingkat partisipasi masyarakat pada pilkada tidak menurun.


 


"Kalau upaya yang dilakukan KPU Donggala untuk meningkatkan partisipasi masyarakat tentunya yang pertama terus mensosialisasikan kepada masyarakat dari jajaran PPS hingga PPK secara aktif memberikan informasi-informasi terkait tahapan kepemiluan baik itu secara langsung dan sosial media," ujarnya.


 


Kata dia, sosialisasi menggunakan sosial media cukup efektif menjangkau masyarakat khususnya pemilih pemula sehingga mengetahui tahapan Pilkada Serentak tahun 2024.


 


"Alhamdulillah sosial media yang ada di tingkat PPS dan PPK meskipun belum semua tapi sebagian besar itu sudah aktif untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait pilkada," ucapnya. 


 


Ia menuturkan agar partisipasi masyarakat dalam pilkada mendatang terus meningkat dari pada pemilu 2024.


 


"Harapannya agar masyarakat mengetahui sampai dimana tahapan pilkada dan kapan proses pemilihan kepala daerah di Kabupaten Donggala," tuturnya. 


 


Diketahui KPU Donggala melakukan sosialisasi dengan membagikan bunga dan cokelat serta pamflet kepada masyarakat di Kecamatan Banawa dan sekitarnya sebagai bentuk pengenalan dan pendekatan kepada masyarakat. 


 


"Selanjutnya kami juga melakukan sosialisasi kepada segmentasi baik perempuan dan disabilitas, intinya dari KPU Donggala dan seluruh jajarannya melakukan segala cara sehingga informasi kepemiluan itu sampai kepada masyarakat," ujarnya. 


 


Berdasarkan data KPU Donggala bahwa tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 sebanyak 80 persen.


 


Daftar pemilih sementara (DPS) Kabupaten Donggala pada Pilkada serentak tahun 2024 sebanyak 224.117 jiwa terdiri dari 115.096 laki-laki dan 109.021 perempuan yang tersebar di 16 kecamatan dan 167 desa.