Pemkab Bangkep temui Sekjen PUPR bahas usulan perbaikan ruas jalan

id Sekjen PUPR,Usulan perbaikan ruas jalan,Program penyediaan air bersih,Banggai Kepulauan ,PJ Bupati Bangkep ,Sulawesi Ten

Pemkab Bangkep temui Sekjen PUPR bahas usulan perbaikan ruas jalan

PJ Bupati Bangkep Ihsan Basir menemui Sekjen Kementerian PUPR M. Zainal Fatah di Jakarta, Jumat (13/9/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Banggai Kepulauan)

Palu (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M. Zainal Fatah, membahas sejumlah usulan terkait penambahan perbaikan ruas jalan dan program pembangunan infrastruktur air bersih.
 

 

"Pertemuan ini membahas sejumlah usulan penting terkait penambahan perbaikan ruas jalan di Banggai Kepulauan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2025 serta program pembangunan infrastruktur air bersih di wilayah Bulagi Bersaudara," kata Pj Bupati Bangkep Ihsan Basir dalam keterangannya diterima di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu.

 

Pada kesempatan itu, Pj Bupati mengajukan usulan agar beberapa ruas jalan strategis di daerah ini dapat diperbaiki melalui alokasi DAK 2025 dan didukung oleh program dana Instruksi Presiden (Inpres).

 

Ia menyampaikan bahwa perbaikan infrastruktur jalan ini krusial untuk memperbaiki aksesibilitas masyarakat, memperlancar arus barang dan jasa, serta mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah yang masih memerlukan perhatian lebih, khususnya Kecamatan Bulagi, Bulan Selatan dan Bulagi utara atau Bulagi Bersaudara.

 

Pihaknya juga mengusulkan sejumlah program pembangunan fasilitas air bersih di Bulagi Bersaudara.

 

"Saat ini, wilayah tersebut masih menghadapi kendala serius dalam akses air bersih, yang berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

 

Ihsan menilai penyediaan infrastruktur air bersih ini sebagai kebutuhan mendesak dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

 

Untuk itu, ia mengharapkan pertemuan ini akan mempercepat realisasi proyek perbaikan jalan dan pembangunan fasilitas air bersih di Bulagi Bersaudara.

 

"Yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan dan perkembangan ekonomi di Banggai Kepulauan," katanya.

 

Sekjen Kementerian PUPR M. Zainal Fatah menyambut baik usulan Pj. Bupati Ihsan Basir dan menyatakan dukungan penuh dari Kementerian PUPR terhadap rencana perbaikan infrastruktur di Banggai Kepulauan.

 

"Kami akan mengkaji lebih lanjut terkait alokasi DAK untuk tahun 2025 dan mengintegrasikan proyek-proyek tersebut dengan program dana Inpres, demi mempercepat pembangunan di daerah," ujarnya.