UIN Datokarama Palu kerja sama OJK bentuk duta literasi keuangan inklusif

id Literasi keuangan, OJK, perbankan, UIN Palu, UINdatokarama, lppm UIN, Sulteng, kota Palu,Mahasiswa

UIN Datokarama Palu kerja sama OJK bentuk duta literasi keuangan inklusif

Sejumlah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu foto bersama usia mengikuti pelatihan literasi keuangan sekaligus membentuk duta literasi keuangan inklusif berlangsung di Palu, Rabu (9/10/2024). (ANTARA/HO-Humas UIN Datokarama Palu)

Palu (ANTARA) -
Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perwakilan Sulawesi Tengah membentuk duta literasi keuangan inklusif yang melibatkan mahasiswa.

 

"Sekitar 40 mahasiswa dilatih menjadi duta literasi keuangan, dan mereka merupakan mahasiswa KKN tematik," kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Datokarama Palu usai pelatihan literasi keuangan di Palu, Rabu.

 

Ia mengemukakan, keuangan inklusif sebagai suatu kondisi ketika setiap anggota masyarakat mempunyai akses terhadap berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas secara tepat waktu, lancar, dan aman dengan biaya terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Adapun tujuan inklusi keuangan yakni mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan perekonomian masyarakat, mengurangi ketimpangan ekonomi, membantu pelaku usaha mengembangkan bisnis-nya, serta meningkatkan kualitas produk dan layanan keuangan.

 

"Mahasiswa sebagai duta keuangan inklusi menjadi pilar dalam mengedukasi masyarakat mengenai layanan dan produk layanan keuangan perbankan serta lembaga-lembaga keuangan lainnya," jelasnya.

 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Faisal Attamimi mengemukakan bahwa tujuan pelatihan keuangan inklusi adalah untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

 

"Melalui pelatihan ini, mahasiswa yang menjadi duta keuangan inklusi memiliki pengetahuan untuk menyampaikan kepada masyarakat, supaya mereka dapat memahami konsep keuangan, sehingga dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya keuangan mereka miliki," ucapnya.

 

Kata dia, guna mencapai tujuan inklusi keuangan, pihak yang berwenang perlu meningkatkan perlindungan mencakup kualitas produk atau layanan yang ditawarkan, maupun keamanan data masyarakat yang menggunakan layanan tersebut.

 

Sementara itu pejabat OJK Perwakilan Sulteng Budi Hamdani mengatakan, pihaknya menyambut baik kerjasama ini guna membantu dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat yang berkaitan dengan layanan perbankan dan lembaga keuangan lainnya.

 

"Kami juga sedang berupaya meningkatkan indeks inklusi keuangan di Sulteng melalui penguatan literasi keuangan. Semakin tinggi literasi keuangan suatu daerah maka akan berdampak positif terhadap tingkat inklusifitas keuangan-nya," kata dia menuturkan.