KPU Parimo percepat penyiapan logistik Pilkada 2024

id Pilkadaparimo, pilbupparimo, kpuparimo, Ariyana, Sulteng, Parigi Moutong, demokrasi ,Surat suara, logistik Pilkada

KPU Parimo percepat penyiapan logistik Pilkada 2024

Polisi mengecek gudang penyimpanan logistik KPU Parigi Moutong yang didalamnya terdapat surat suara untuk Pilkada 2024, Sabtu (19/10/2024). (ANTARA/HO-Humas KPU Parigi Moutong)

Kota Palu, Sulteng (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah mempercepat penyiapan logistik pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2024 di kabupaten tersebut.


 


"Logistik salah satu kebutuhan pemilihan yang krusial, oleh sebab itu pengadaannya cepat dilakukan, supaya proses distribusi ke tempat pemungutan suara (TPS) juga cepat," kata Ketua KPU Parigi Moutong Ariyana dihubungi dari Palu, Minggu.


 


Ia menjelaskan saat ini logistik pilkada yang sudah berada di gudang logistik milik KPU Parigi Moutong berupa kotak suara sebanyak 1.172 kotak, 3.350 bilik suara, kemudian 1.646 botol tinta, 41.313 buah alat segel dan 9.816 kabel ties.


 


Kemudian menyusul logistik suar suara tiba di gudang KPU sebanyak 335.904 lebar pada 18 Oktober 2024 sekitar pukul 22:54 Wita, sesuai dengan jadwal kedatangan dari pihak penyedia jasa.


 


"Belum bisa kami pastikan apakah surat suara tersebut ada yang rusak atau tidak, sebab masih disegel," ujarnya.


 


Guna mengetahui kondisi surat suara, maka KPU secepatnya melakukan kegiatan sortir dan pelipatan, sebelum menuju ke tahap tersebut pihaknya terlebih dahulu menyiapkan petugas khusus sortir dan pelipatan.


 


Percepatan penyiapan logistik sebagai bentuk keseriusan KPU menyelenggarakan pemilihan, di satu sisi bila terjadi kerusakan pada surat suara maka proses klaim ke pihak penyedia juga lebih cepat.


 


"Kami terus berupaya setiap tahapan pemilihan terlaksana dengan baik, karena logistik merupakan kebutuhan mendesak dalam penyelenggaraan pemilu maupun pilkada," tutur Ariyana.


 


Ia menambahkan saat ini pihaknya juga sedang mematangkan persiapan kegiatan debat pertama calon kepala daerah dijadwalkan berlangsung pada Selasa 20 Oktober 2024.


 


"Mendekati hari pemilihan, tahapan pilkada semakin padat. Kami optimistis semua tahapan dapat terlaksana dengan baik," kata dia.