Sulteng Kini Miliki Panwaslu Definitif

id bawaslu

Sulteng Kini Miliki Panwaslu Definitif

Bawaslu (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Provinsi Sulawesi Tengah yang akan menyelenggarakan pilkada serentak di tiga kabupaten pada 2018, kini telah memiliki Panitia Pengawas Pemilu (_anwaslu) definitif di 12 kabupaten dan Kota Palu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tengah Asrifai yang dihubungi di Palu, Selasa menyebutkan bahwa dirinya sudah melantik dan mengambil sumpah para komisioner Panwaslu tersebut dan didesak untuk segera konsolidasi menghadapi pilkada serentak.

Ketua Bawaslu Sulteng Asrifai mengatakan pada tahun 2018 akan dilaksanan pilkada serentak untuk pada tiga kabupaten yakni Kabupaten Donggala, Parigi Moutong dan Morowali.

Dalam sejarah-sejarah demokrasi, kata dia, untuk tahun 2019 akan dilaksanakan secara serentak yakni pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Sementara bagi penyelenggara pemilu, akan melaksanakan tugas penuh dinamika yang cukup tinggi sehingga panwaslu terpilih dapat bekerja dengan baik di daerah masing-masing, karena yang terpilih ini diyakini adalah figur-figur pengawas terbaik.

Asrifai menjelaskan dalam pengawasan pada Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemiliahan Umum (Pemilu), akan ada penambahan wewenang seperti melakukan penindakan pelanggaran pemilu, penindakan politik uang, menyelesaikan sengketa pemilu serta pengawasan netralitas.

"Oleh sebab itu, anggota pengawas harus menjaga integritas, netralitas dan bertindak secara profesional," harap Asrifai.

Komisioner panwaslu yang dilantik yakni Kota Palu Adji Rizal Zulkifli, Munirah dan Fadlan, kabupaten Sigi yakni Sofyan, Agus Salim dam Steny Pettalolo. Kabupaten Dongala yakni Minhar, Saadin Saleh dan Moh Fikri. Kabupaten Parigi Moutong yakni Muh Risal, Moh Iskandar Mardani dan Muchlis Aswad.

Kemudian Kabupaten Poso yakni Helmi Mongi, Abdul Malik Saleh dan Cristian Adiputra Oruwo. Kabupaten Tojo Unauna yakni Leming, Abbas dan Suandi Tamrin Bilatullah. Kabupaten Tolitoli yakni Fajar Yadik, Samsuri dan Zainal Radjak. Kabupaten Buol yakni Suhardi Badolo, Sumarlin dan Jamrin.

Selanjutnya Kabupaten Morowali yakni Mahfud Supu, Elsevin dan Lansinra. Kabupaten Morowali Utara yakni Rudi Hartono, Andi Zainudin dan Jhon Libertus Lakawa. Kabupaten Banggai yakni Welly Ismali, Bece Junid dan Muh Adamsyah Usman. Kabupaten Banggai Kepulauan yakni Trisno R Hadist, Indra Guna Saimbi dan Supriatmo Lumuan. Serta Kabupaten Banggali Laut yakni Suparto Bungalo, Moh Rafli Udaa dan Muhsin. (skd)