Pelari Kenya target borong juara Central Celebes Marathon 2018

id maraton,CCM,Palu,kenya

Pelari Kenya target borong juara Central Celebes Marathon 2018

Seorang pelari putri asal Kenya berbincang dengan Ketua Panitia CCM 2018 Syaifullah Djafar dan Sekretaris Panitia Hendrik Lianto (kanan) di lokasi pengambilan race-pack Taman GOR Palu, Sabtu. (Antaranews Sulteng/Steven)

Palu (Antaranews Sulteng) - Pelari marathon asal Kenya, Cyprian Kiogora Mwobi mengatakan bahwa ia dan teman-temanya menargetkan menjuarai nomor 42K dan 21K lomba marathon internasional Central Celebes Marathon (CCM) yang akan digelar di Palu, Minggu, 15 April 2018.

"Saya sendiri menargetkan juara pertama pada nomor 42K," kata Cyprian kepada Antara setelah mengambil perlengkapan lomba (race-pack) di Lapangan Taman GOR Palu, Sabtu siang.

Menurut dia, ada 14 orang rekannya asal Kenya akan turun pada nomor 42K dan 21K CCM kali ini, termasuk empat orang perempuan.

Para pelari marathon Kenya ini sudah punya pengalaman banyak mengikuti berbagai lomba marathon di berbagai negara dan sering sekali menjadi juara.

"Saya sudah 40-an kali mengikuti lomba marathon seperti ini di berbagai negara di dunia, dan hampir selalu meraih juara, kalau bukan juara pertama, ya juara kedua, ketiga atau harapan," ujarnya.

Di Indonesia sendiri, pada 2018 ini, sudah 10 kali mengikuti lomba lari dan selalu mendapat juara meski bukan semuanya sebagai juara pertama.

Ia mengaku bangga bisa mengikuti CCM 2018 ini dan untuk pertama kalinya datang ke Kota Palu, karena lomba ini menggambungkan olahraga dan wisata.
 
Saya target bisa juara pertama nomor 42K pada CCM 2018 ini, kata Cyprian Kiogora Mwobi, s eorang pelari Kenya usai mengambil race-pack Taman GOR Palu, Sabtu. (Antaranews Sulteng/Steven)

Baca juga: 80 pelari mancanegara ikut Central Celebes Marathon 2018

Sementara itu, Race Direktor CCM 2018 Bastiawan mengemukakan bahwa hingga Sabtu pukul 12.00 Wita, masih 400-an lagi pendaftar CCM yang belum mengambil racepack.

"Kami menunggu dan akan melayani mereka sampai malam hari," ujarnya dan menambahkan pelayanan panitia dalam pengambilan racepack tidak didukung dengan penyediaan fasilitas internet sehingga mereka bekerja secara manual.

Menurut Bastiawan, lomba marathon CCM 2018 ini akan dilepas pada Minggu (15/4) mulai pukul 04.00 Wita untuk nomor 42K, dilanjutkan nomor 21K pada pukul 05.00 Wita, 10K pukul 05.45 dan Nomor untuk K pukul 06.30 Wita.

Finish pertama untuk peserta nomor 42K diperkirakan akan terjadi pukul 06.15 Wita dan saat itu di garis finih masih banyak pelari Nomor 5K yang belum dilepas dan bisa memberikan sambutan kepada para finalis nomor 42K.

Lomba marathon CCM 2018 ini diikuti 1.500 peserta, sebanyak 80 orang adalah pelari mancanegara asal Kenya, Nairobi, Thailand, Malaysia dan Singapura.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dijadwalkan menyerahkan hadiah bagi para pemenang lomba berupa uang tunai yang bernilai total Rp465 juta serta hadiah hiburan sebuah mobil dan sejumlah hadiah menarik lainnya untuk peserta dan para pengunjung penonton.
 
. Para peserta lomba marahon internasional Central Celebes Marathon (CCM) 2018 mulai antre mengambil perlengkapan lomba (racepack) di Lapangan Taman GOR Palu, Jumat (13/4) (Antaranews Sulteng/Istimewa) (Antaranews Sulteng/Istimewa/)