Kapolda baru terima Pataka Polda Sulteng

id Polda,Sulteng,sertijab

Kapolda baru terima Pataka Polda Sulteng

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Ermi Widyatno (kanan) bersalam komando dengan Brigjen Pol I Ketut Argawa usai upacara penyerahan Pataka Polda Sulteng di Palu, Selasa (24/4) petang. (Antaranews Sulteng/Rolex Malaha)

Palu (Antaranews Sulteng) - Kapolda Sulawesi Tengah yang baru Brigjen Pol Ermi Widyatno, MM menerima Pataka Wira Dharma Brata Polda Sulteng dari pendahulunya Brigjen Pol I Ketut Argawa, SH.MH.MM dalam sebuah upacara khusus di Mapolda Sulteng, Selasa petang.

Usai serahterima pataka yang antara lain dihadiri mantan Kapolda Sulteng Komjen Pol (Purn) Suparni Parto itu, acara dilanjutkan dengan tradisi `pedangpora` untuk melepas pejabat lama bersama Ny. I Ketut Argawa meninggalkan Mapolda Sulteng.

Kedua acara yang diikuti para pejabat utama Polda Sulteng bersama istri serta para Kapolres se-Polda Sulteng itu menandai permulaan tugas Brigjen Ermi Widyatno sebagai Kapolda Sulteng yang baru.

Ermi yang sebelumnya Wakapolda Riau itu dilantik menjadi Kapolda Sulteng oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Jakarta, Kamis (19/4), menggantikan I Ketut Argawa yang mendapat tugas baru sebagai Karo Renmin Itwasum Mabes Polri.

Baca juga: Kapolda Sulteng I Ketut Argawa dimutasi ke Mabes Polri

Brigjen Argawa yang bertugas di daerah ini selama tiga bulan dalam sambutannya berharap kepada seluruh jajaran Polda untuk memberikan dukungan kepada Kapolda baru agar suasana kamtibmas yuang begitu baik saat ini bisa terus ditingkatkan dimasa mendatang.

Menurut dia, karakteristik Sulteng yang dinamis dan maju, semangat juang pantang menyerah dan rasa kekeluargaan yang tinggi, serta menghormati nilai-nilai budaya dan tolerasni, merupakan modal besar untuk kemajuan daerah ini secara lebih cepat dimasa mendatang.

"Perbedaan suku dan agama, serta tradisi dan budaya yang ada di masyarakat, jangan sampai memecah belah persatuan dan kesatuan yang sudah terbina dengan baik," ujarnya.

Sedangkan Kapolda Sulteng Ermi Widyatno mengatakan dalam jangka pendek ke depan ini, ada beberapa pekerjaan rumah penting jajaran kepolisian yang harus terus dikawal dengan baik yakni pengamanan pilkada di Kabupaten Donggala, Parigi Moutong dan Morowali, dan pengamanan ramadhan dan Idul Fitri.

Baca juga: Kapolda Sulteng bantah pencopotan Kapolres Banggai karena konflik (Vidio)

"Ini semua menuntut jajaran Polri untuk bertugas secara profersional, moderen dan terpercaya, lebih jernih dan bijak dalam bersikap dan bertindak untuk terciptanya keamanan," ujarnya.

Kapolda Sulteng Ermi Widyatno bersama istri tiba di Kota Palu Selasa pagi pukul 06.30 Wita menggunakan pesawat Batik Air dari Jakarta. Setelah beristirahat sejenak di hotel, Kapolda menggelar rapat dengan seluruh pejabat utama Polda dan Kapolres dilanjutkan serah terima Ketua Bhayangkari Polda Sulteng.

Selasa malam ini, Kapolda baru dan yang lama bersama istri dan jajaran Polda Sulteng akan mengikuti acara pisah sambut yang akan dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan anggota Forum Komiunikasi Pimpinan Daerah (Forkjompimda) provinsi setempat.
 
Mantan Kapolda Sulteng Brigjen Pol I Ketut Argawa menyalami istri Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Heri Murwono dalam acara usai prosesi 'Pedangpora' di Mapolda Sulteng di Palu, Selasa (24/4) petang. (Antaranews Sulteng/Rolex Malaha)