Bulog sulteng distribusikan bansos pasca gempabumi

id Bulog, gempa,rastra

Bulog sulteng  distribusikan bansos pasca gempabumi

Kepala Bidang Pengadaan dan OPP Bulog Sulteng Bahar Haruna (foto antara/anas massa)

Palu, 10/10 (ANtara) - Perum Bulog Devisi Regional (Divre) Sulawesi Tengah(Sulteng) pascagempa bumi dan tsunami yang menerjang Kota Palu, Donggala, Sigi dan Parigi MOutong kini mulai mendistribusikan bantuan sosial (Bansos) beras yang dialokasikan pemerintah bagi warga miskin yang ada di seluruh kabupaten/kota di provinsi itu.

"Bansos untuk semua daerah terdampak gempa dan tsunami di Sulteng tetap disalurkan kepada masyarakat," kata Kepala Bidang Pengadaan dan OPP Bulog Divre Sulteng, Bahar Haruna di Palu, Rabu.

Ia mengatakan, pendistribusian Bansos untuk tiga daerah terdampak yakni Donggala, Parigi Moutong dan Sigi tidak ada hambatan, meski infrastruktur jalan dan jembatan di beberapa wilayah masih mengalami kerusakan berat akibat gempa dan tsunami.

Tetapi yang menjadi masalah adalah Kota Palu, sebab mulai Oktober 2018, Bansos tidak lagi disalurkan langsung kepada warga penerima manfaat karena sudah melalui Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) menggunakan voucher/kartu.

"Kami belum mengetahui bagaimana dengan penyaluran bantuan menggunakan kartu tersebut," kata Bahar.

Kartu BPNT baru diujicoba di Kota Palu. Di kabupaten-kabupaten lainnya di Sulteng masih dalam bentuk yang sama yakni disalurkan melalui desa.

Ia menjelaskan, Bulog Divre Sulteng sudah melayani permintaan jatah Bansos untuk kabupaten Donggala, Parigi Moutong dan Sigi.

"Tetapi untuk Sigi, permintaan langsung jatah tiga bulan yakni Oktober - Desember 2018 disalurkan? sekaligus," kata Bahar.

Sementara di Kabupaten Parigi Moutong yang juga merupakan daerah terdampak gempabumi disalurkan satu bulan yakni jatah Oktober 2018.

Begitu pula jatah Bansos untuk kabupaten lain di Sulteng tetap disalurkan setiap bulan dan tergantung kesiapan dari pemerintah daerah masing-masing. Bulog menyalurkan setelah ada surat permohonan alokasi (SPA) dari Bupati/Wali Kota.

Soal ketersediaan beras, Bahar menjamin masih cukup aman. Stok beras yang ada cukup untuk beberapa bulan ke depan, tanpa merincinya.

Bulog selain menyediakan beras untuk Bansos dan bencana alam, juga membeli dan menjual beras jenis permium.