Miing Dukung Festival Jazz Di Borobudur

id Dedi Suwendi Gumelar

Miing Dukung Festival Jazz Di Borobudur

Anggota Komisi X DPR RI Dedi Suwendi Gumelar (ANTARA)

Menurut saya program ini positif, saya gembira sekali melihat animo masyarakat cukup tinggi untuk menyaksikannya," katanya usai menyaksikan Borobudur Jazz Festival 2012 di Taman Lumbini, kompleks Candi Borobudur


Borobudur, Jateng, (antarasulteng.com) - Anggota Komisi X DPR RI Dedi Suwendi Gumelar atau yang dikenal Miing mendukung pelaksanaan Borobudur Jazz Festival.

"Menurut saya program ini positif, saya gembira sekali melihat animo masyarakat cukup tinggi untuk menyaksikannya," katanya usai menyaksikan Borobudur Jazz Festival 2012 di Taman Lumbini, kompleks Candi Borobudur, Rabu malam.

Menurut dia, dengan tingginya animo masyarakat menyaksikan acara itu berarti  program tersebut untuk masyarakat agar mereka menikmati APBN dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif yang dikemas dalam bentuk kegiatan itu.

"Ada pendekatan musik pada kawula muda. Selain musik mereka datang ke sini juga akan mengetahui bahwa ada destinasi yang perlu dikunjungi namanya Candi Borobudur," katanya.

Pada masa mendatang, katanya, Borobudur Jazz Festifal bukan hanya diselenggarakan untuk tingkat nasional, tetapi untuk tingkat Asia.

Ia mengatakan kawasan konservasi dalam Undang-Undang Cagar Budaya boleh dimanfaatkan antara lain dari sisi ekonomi, kebudayaan, dan riset, selama tidak merusak benda cagar budaya tersebut.

"Pada festival jazz ini, Candi Borobudur hanya sebagai 'background' saja, saya kira boleh," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan itu ada dua efek yakni orang bisa menikmati musik dan orang bisa menikmati destinasi setempat.

Menurut dia, kalau program itu bisa dilakukan secara rutin akan menjadi lebih bagus pada masa mendatang.

Kegiatan itu, katanya, bisa menjadi promosi yang juga menunjukkan bahwa Borobudur aman.

"Hal itu merupakan citra baik bagi dunia luar, sehingga menarik wisatawan luar negeri untuk mengunjungi candi Buddha terbesar di dunia ini," katanya. (H018/SKD)