Pimpinan DPRD Poso definitif dilantik

id DPRD Poso

Pimpinan DPRD Poso definitif dilantik

Ketua DPRD Poso Sesi Kristina Dharmawati Mapeda dari Partai Golkar berjabat tangan dengan tokoh adat setempat usai dilantik menjabat pimpinan DPRD Poso periode 2019-2024, Rabu (23/10) (Ferry Timparosa)

Karena sebagai pimpinan, saudara sebagai kreator yang akan menginsiasi inovasi guna meningkatkan kinerja lembaga DPRD
Poso (ANTARA) - Pimpinan DPRD Kabupaten Poso definitif 2019-2024 resmi dilantik oleh Wakil Gubernur Sulteng Rusli Baco Dg Palabbi dan disumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Poso Safri SH, MH di Poso, Rabu. 

Pelantikan dan pengambilan sumpah itu dilakukan dalam rapat paripurna khusus DPRD Poso dihadiri Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, Mantan Sekprov Sulteng Amdjad Lawasa, Dandim Poso, Kapolres Poso dan tamu undangan lainya, di Banua Pogombo Gedung DPRD Poso, Rabu. 

Pimpinan DPRD Poso masa jabatan 2019-2024 itu terdiri dari Ketua dijabat Sesi Kristina Dharmawati Mapeda dari Partai Golkar, Wakil Ketua I dijabat Samuel Munda dari Partai Demokrat dan Wakil Ketua II dijabat Roni S Alimin dari Partai Nasdem. 

Rapat paripurna istimewa itu di pimpin Ketua DPRD Poso Sesi Mapeda.

Wakil Gubernur saat membacakan sambutan gubernur Longki Djanggola mengatakan, ketua dan wakil ketua DPRD Poso bukan saja mengisi jabatan, namun di balik itu saudara memikul beban tanggung jawab yang lebih besar dari anggota biasa. 

"Karena sebagai pimpinan, saudara sebagai kreator yang akan menginsiasi inovasi guna meningkatkan kinerja lembaga DPRD," katanya. 

Baca juga: Ketua DPRD Poso sementara dijabat perempuan
Baca juga: DPRD Poso mulai Bahas Ranperda BPD Desa


Gubernur meminta agar pimpinan DPRD memaksimalkan semua kelengkapan DPRD, secara efektif dan efisien. 

"Oleh karenanya saya menitik beratkan kiranya saudara dapat membangun komonikasi yang baik dengan anggota," harapnya.

Gubernur juga berharap para pimpinan dan anggota DPRD Poso dapat berkerja dengan amanah dalam rangka mewujudkan janji-janji dari alam konseptual ke alam realita. 

"Merubah program dan kebijakan mendukung visi pembangunan Poso, yaitu terwujudnya kabupaten yang damai adil dan sejahtera, yang didukung sumber daya  manusia yang handal dan bermartabat. 

Melalui misinya menciptakan kondisi masyarakat yang aman dan tenteram dalam bingkai sintuwu Maroso. Membangun ekonomi masyarakat melalui usaha kecil dan menengah, koperasi, Bumdes, pertanian dan pariwisata berdasarkan potensi wilayah. 

Sesi Kristina Dharmawati Mapeda dalam sambutannya menjelaskan kinerja DPRD Poso yang telah selesai dilakukan, yakni pembentukan fraksi sebanyak enam fraksi dan penetapan rancangan tata tertib DPRD Poso serta telah memfasilitasi penetapan definitif pimpinan DPRD Poso sesuai aturan.***