DPRD minta Pemkot Palu fokus awasi proses rehabilitasi dan rekonstruksi

id Pasigala,DPRD Palu,Palu,Sandi,Kota Palu

DPRD minta Pemkot Palu fokus awasi proses rehabilitasi dan rekonstruksi

Salah satu pemandangan di Pantai Talise, Kota Palu, sehari setelah tsunami melanda kawasan itu pada 28 September 2018. (ANTARA/Muh. Adimaja)

Khususnya menyangkut penyediaan hunian bagi para korban. Selain adanya temuan rumah rusak yang diperbaiki menggunakan dana stimulan tidak sesuai standar, warga yang menjadi tenaga kerja untuk membangun huntap belum digaji
Palu (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu meminta pemerintah kota untuk fokus mengawasi proses rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab rekon) pascabencana 2018 yang meluluhlantahkan kota itu.

Menurut anggota Komisi C DPRD Palu, Moh. Syarif, proses rehab rekon pascabencana di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu sangat carut marut.

"Khususnya menyangkut penyediaan hunian bagi para korban. Selain adanya temuan rumah rusak yang diperbaiki menggunakan dana stimulan tidak sesuai standar, warga yang menjadi tenaga kerja untuk membangun huntap belum digaji," katanya saat ditemui di ruang Komisi C DPRD Palu, Senin.

Ia menyebut warga yang dipekerjakan belum digaji sejak dua bulan lalu. Atas dasar itulah ia meminta Pemkot Palu betul-betul mengawasi kontraktor yang mengerjakan pembangunan itu.

"Tolong, pemerintah kota khususnya dinas terkait, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) ataupun dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) benar-benar mengawasi proses rehab dan rekonstruksi ini. Karena banyak sekali keluhan yang masyarakat laporkan ke saya," katanya.

Ia mengusahakan dalam waktu dekat untuk membahas persoalan itu kepada anggota DPRD Palu lainnya, khususnya komisi c, mengingat dinas dan badan tersebut merupakan mitra komisi c.

Agar carut marut rehab rekon pascabencana di Palu segera teratasi, ia menyatakan akan sscspatnya menyampaikan hal itu dalam forum resmi di DPRD Palu sehingga dalam waktu dekat DPRD Palu segera membentuk panitia khusus (pansus) pengawasan rehab rekon pascabencana Palu

"Dalam waktu dekatteman-teman berencana membentuk pansus dan akan saya sampaikan semua keluhan ini. Saya berharap agar 2020, semua korban bencana tidak ada lagi yang tinggal di tenda dan huntara (hunian sementara)," ucapnya.

Baca juga: Legislator temukan sekolah darurat korban bencana Palu tak layak huni
Baca juga: Pemkot Palu disarankan berdayakan pengungsi garap hortikultura
Baca juga: Pemkot Palu diminta beri perhatian pada lansia dan pengurus masjid