Soleimani dibunuh, Jerman serukan pertemuan menlu Uni Eropa

id Menteri Luar Negeri Uni Eropa,Heiko Maas,ketegangan di timur tengah

Soleimani  dibunuh, Jerman serukan pertemuan menlu Uni Eropa

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif (kanan) berbicara di samping Elmar Brok (kiri), Ketua Komite Parlemen Eropa untuk Urusan Luar Negeri, di Parlemen Uni Eropa di Brussels, Belgia, Selasa (16/2). (REUTERS/Francois Lenoir)

Sebagai orang Eropa, kami mencoba dan memanfaatkan saluran komunikasi sepenuhnya dalam situasi saat ini,
Berlin (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas, Minggu, menyerukan pertemuan dengan rekan-rekannya di Uni Eropa untuk membahas ketegangan yang meningkat di Timur Tengah setelah pembunuhan komandan Pasukan Quds Iran Mayor Jenderal Qassem Soleimani di Irak oleh Amerika Serikat.

"Sebagai orang Eropa, kami mencoba dan memanfaatkan saluran komunikasi sepenuhnya dalam situasi saat ini," ujar Heiko Maas dalam sebuah pernyataan.

Maas mengusulkan kepada kepala urusan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell untuk mengadakan pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa pada pekan ini.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk mengeluarkan kebijakan bersama terkait krisis di Timur Tengah saat ini.

Maas juga mengatakan Jerman akan berbicara kepada pemerintah Irak setelah parlemen negara itu mendukung rekomendasi perdana menteri bahwa semua pasukan asing harus keluar dari Irak.

"Kepentingan utama kami yaitu stabilitas dan persatuan Irak tidak boleh menjadi korban dari eskalasi konflik baru-baru ini," katanya.

Jerman memiliki sekitar 120 tentara yang dikerahkan di Irak di bawah Operation Inherent Resolve yang dipimpin AS.

"Kami siap untuk melanjutkan dukungan kami jika diinginkan dan situasi memungkinkan," kata Maas.

"Kami sekarang mendiskusikan hal ini secara intensif dengan para mitra kami, di Dewan NATO, di Uni Eropa, dalam koalisi anti-ISIS, dan terutama dengan kontak kami di Irak."

Sementara itu, Jerman telah memutuskan untuk menunda pergantian pasukannya di Irak, kata kementerian pertahanan dalam sebuah pos di Twitter pada Minggu.


Baca juga: Pejabat AS: pasukan rudal Iran pada kondisi siaga tinggi
Baca juga: Trump: AS akan hancurkan 52 target di Iran jika warga AS diserang
Baca juga: Israel bersiap hadapi pembalasan Iran atas pembunuhan Qassem Soleimani
Baca juga: Pasukan anti-Amerika balas pembunuhan jenderal Iran Soleimani