KPU Poso buka pendaftaran PPK

id KPU Poso,Pilkada Poso

KPU Poso buka pendaftaran PPK

Pelepasan balon ke udara tanda dimulainya tahapan ilkada serentak 2020 di Poso. (Fery Timparosa)

Besok (Sabtu) sudah dibuka pendaftaran selama delapan hari itu
Poso (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso merekrut badan adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Poso pada pilkada serentak 2020. 

Pendaftaran akan dilaksanakan selama delapan hari, mulai Sabtu (18 - 24 Januari).

"Besok (Sabtu) sudah dibuka pendaftaran selama delapan hari itu," kata komisioner KPU Poso, Wilianita Silviana di Poso, Jumat.

Dia mengatakan KPU memberikan kesempatan luas bagi masyarakat yang ingin masuk sebagai anggota PPK, untuk turut berpartisipasi dalam Pilkada Poso.

Syarat calon PPK yakni WNI berusia paling rendah 17 tahun,  belum pernah menjabat dua kali periode sebagai anggota PPK dalam jabatan yang sama, serta tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu di semua tingkatan.

Baca juga: KPU Poso gelar workshop partisipasi pilkada 2020
Baca juga: KPU Poso gelar bimtek penggunaan Silon bagi LO balon Bupati Poso


Berkas persyaratan antara lain surat pendaftaran bermaterai 6.000, daftar riwayat hidup, pas foto 4×6, legalisir ijazah pendidikan terakhir, surat pernyataan, surat keterangan sehat dari puskesmas, dan fotokopi KTP-E, tidak pernah dipidana dan bebas narkoba.

Wilianita selaku Divisi Sosialisasi KPU Poso mengatakan, untuk seleksi administrasi dilaksanakan 25-27 Januari, dan akan diumumkan hasil administrasi pada 28-29 Januari.

Ketua KPU Poso Budiman Maliki mengatakan, KPU Poso merekrut para calon PPK di 19 kecamatan se kabupaten Poso dalam pelaksanaan Pilkada bupati 2020 adalah mereka yang benar-benar memiliki integritas tinggi, dan bukan bagian dari mereka yang terindikasi sebagai tim kampanye para calon.

"Pihak KPU Poso butuh lima PPK untuk setiap kecamatan. Sehingga, KPU akan merekrut 95 PKK untuk 19 kecamatan," kata Budiman.

Setelah tahap seleksi administrasi, peserta akan mengikuti seleksi tertulis dan wawancara dan setelah terpilih akan dilantik 29 Februari 2020.

Para anggota PPK akan diberi pembekalan dan bimbingan tekhnis terkait penyelenggaraan pilkada, dan mulai bekerja 1 Maret 2020 hingga sembilan bulan ke depan.***
Baca juga: KPU Poso luncurkan tahapan pilkada
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar