KPU Poso gelar bimtek penggunaan Silon bagi LO balon Bupati Poso

id Kpu,Poso,KPU Poso,Sandi

KPU Poso gelar bimtek penggunaan Silon bagi LO balon Bupati Poso

Sejumlah peserta mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Penggunaan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) bagi Liaison Official (LO) bakal calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Poso dan sosialisasi PKPU nomor 18 tahun 2019 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso di Kantor KPU Poso, Jumat (27/12). (ANTARA/HO-Humas KPU Poso)

Dengan adanya kegiatan ini para LO paslon bisa mengetahui dan dapat terbantu untuk proses memenuhi persayaratan pencalonan
Poso (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, Sulteng menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Penggunaan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) bagi Liaison Official (LO) bakal calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Poso dan sosialisasi PKPU nomor 18 tahun 2019 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Jumat. 

Komisioner KPU Poso Divisi Teknis, Taufik Hidayat dalam kegiatan yang berlangsung di Kantor KPU Poso itu menyinggung mengenai penyerahan dukungan bakal pasangan calon perseorangan sesuai tahapan dan syarat dukungan bakal pasangan calon serta dokumen syarat dukungan.

Taufik juga menjelaskan prosedur penyerahan penelitian hingga tahapan perbaikan dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Poso, dan  pemberitahuan terkait batas-batas waktu penyerahan minimal dukungan serta  sebaran.

Sementara itu, Operator Silon KPU Poso, Abdullah Irsyad menerangkan sebelum LO bakal pasangan calon perseorangan menggunakan Silon, terlebih dahulu harus membawa surat kuasa atau mandat yang sudah ditandatangi oleh paslon calon perseorangan.

"Dalam simulasi itu, KPU sudah memberikan informasi terkait tata cara penggunanya dan bila nanti ada yang belum jelas bisa segera mendatangi KPU Poso untuk mendapat penjelasan lebih rinci,"katanya.

Ketua KPU Poso, Budiman Maliki dalam kegiatan tersebut berharap tidak ada LO dan bakal pasangan calon perseorangan yang bingung setelah mengetahui mekanisme penggunaan Silon. 

"Dengan adanya kegiatan ini para LO paslon bisa mengetahui dan dapat terbantu untuk proses memenuhi persayaratan pencalonan," ujarnya