Polres Poso siagakan personel jaga proses pendaftaran paslon Pilkada 2024

id Polres Poso ,Operasi Mantap Praja Tinombala ,Sulawesi Tengah ,Kabupaten Poso,Kpu Poso,Pilkada

Polres Poso siagakan personel jaga proses pendaftaran paslon Pilkada 2024

Personel Polres Poso yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja Tinombala 2024 bersiaga melakukan pengamanan pada proses pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Poso pada Pilkada serentak tahun 2024, di depan Kantor KPU Poso, Rabu (28/8/2024). ANTARA/HO-Polres Poso

Poso, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Poso, Polda Sulawesi Tengah, menyiagakan personel gabungan untuk pengamanan selama kegiatan pendaftaran bakal pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Poso pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.
 

Kasatgas Humas Operasi Mantap Praja Tinombala 2024 Polres Poso AKP Basirun Laele, di Poso, Rabu, mengatakan pihaknya selama tiga hari pada masa pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Poso menempatkan personel kepolisian berjaga di Kantor KPU setempat.

"Untuk pengamanan kali ini melibatkan gabungan personel dari Polres Poso, Brimob Yon B Pelopor Poso, Koramil 1307-01 Poso Kota, Satuan Polisi Pamong Praja, dan personel satuan pengamanan KPU," kata Basirun.

Ia mengemukakan proses pengamanan pada tahapan pendaftaran bakal paslon kepala daerah sejak tanggal 27-29 Agustus 2024.

"Pengamanan ini sudah bersiaga sebelum rombongan bakal paslon tiba di kantor KPU Poso," ucapnya.

Dia mengatakan pendaftaran bakal paslon pada hari pertama yaitu pasangan Verna G M Inkiriwang dan Suharto Kandar,  kemudian hari kedua pasangan Darmin Agustinus Sigilipu dan Samsinar Z Moga.

"Hari terakhir pengamanan kami lakukan pada pendaftaran pasangan Luky Semen dan Nasarudin," ujarnya.

Ia menuturkan pengamanan tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Poso berjalan aman dan kondusif.

"Kami telah menyiapkan personel di beberapa titik strategis, utamanya di pintu masuk kantor KPU untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara, mulai dari keberangkatan rombongan hingga prosesi pendaftaran bupati dan wakil bupati sampai tanggal 29 Agustus mendatang," ujarnya.

Basirun menjelaskan personel pengamanan ini berkomitmen guna memberikan pengamanan maksimal selama rangkaian proses pendaftaran bakal paslon kepala daerah di Poso.

"Kami berharap seluruh rombongan dan simpatisan paslon untuk mematuhi aturan yang ada agar rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan yang berarti," tuturnya.