KPU Poso tetapkan empat cakada untuk ikuti pemeriksaan kesehatan

id KPU Poso,Kabupaten Poso,Sulawesi Tengah ,Pilkada 2024

KPU Poso tetapkan empat cakada untuk ikuti pemeriksaan kesehatan

Ketua KPU Poso Muh Ridwan Daeng Nusu (tiga kanan) dan komisioner lainnya saat menemui awak media terkait proses setelah pendaftaran bapaslon Bupati-Wakil Bupati Poso pada Pilkada serentak tahun 2024 di Kantor KPU Poso, Jumat (30/8/2024). ANTARA/ HO Feri

Poso, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso Sulawesi Tengah menetapkan empat calon kepala daerah (cakada) di daerah itu untuk melanjutkan pemeriksaan kesehatan sebagai calon bupati dan wakil bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.
 


Ketua KPU Poso Muh. Ridwan Daeng Nusu di Poso, Jumat, mengatakan sebanyak empat bakal calon kepala daerah melakukan pendaftaran pada hari terakhir tanggal 29 Agustus 2024.


 


"Pada intinya empat paslon ini semua berkasnya diterima dan lengkap sehingga dilanjutkan untuk pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit yang sudah ditentukan," kata Ridwan Daeng Nusu.


 


Ia mengemukakan usai pemeriksaan kesehatan akan dilanjutkan untuk verifikasi administrasi seluruh berkas pendaftaran bakal pasangan calon terkait keabsahannya.


 


"Seluruh berkas pendaftaran para bakal calon ini akan dilakukan verifikasi administrasi terkait keabsahan," ucapnya.


 


Adapun paslonntama yang mendaftar adalah Darmin Agustinus Sigilipu- berpasangan dengan Samsinar dari partai Nasdem, PAN dan PSI, serta pasangan kedua adalah Verna Inkiriwang-Suharto Kandar dengan partai pengusung Demokrat dan Golkar.


 


Selanjutnya pasangan ketiga adalah Lukky Semen-Nasruddin L Midu diusung partai Gerindra, PDIP, PKB, Buruh dan Umat serta pasangan keempat adalah Soni Kapito- Yusuf yang diusung partai PKS, Perindo, Hanura dan PPP.


 


Menurut Ridwan, penyelenggaraan pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Poso pada Pilkada tahun 2024 mendapatkan pengamanan yang baik dari jajaran TNI dan Polri.


 


"Harapannya kondisi seperti ini terus dipertahankan bekerja sama demi kelancaran dalam proses tahapan Pilkada Poso tahun 2024 hingga saat pemilihan pada 27 November mendatang, " ujarnya.

 

Bakal pasangan calon bupati dan wabup Poso itu mulai melakukan pemeriksaan kesehatan tanggal 1 September 2024 di Rumah Sakit Umum Daerah Undata di Kota Palu.