Polda tanam ribuan mangrove di bekas tsunami Palu

id Polda, sulteng, pohon

Polda tanam ribuan mangrove di bekas tsunami Palu

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Syafril Nursal (kiri) foto bersama di lokasi penanaman ribuan bibit pohon mangrove di pantai Kelurahan Tondo,  Kecamatan Mantikulore,  Kota Palu, Jumat (21/2/2020). ANTARA/HO-Humas Polda.

Penanaman pohon mangrove ini dengan harapan dapat mengembalikan ekosistem yang telah rusak, dan kelak dapat dinikmati anak cucu kita
Palu (ANTARA) - Polda Sulawasi Tengah menanam ribuan bibit mangrove di bekas tsunami Teluk Palu 28 September 2018, di pantai Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Jumat.

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Syafril Nursal mengatakan, penanam itu untuk mengembalikan ekosistem yang telah rusak akibat bencana alam lalu.

Kata Kapolda, pohon memiliki peran besar bagi kehidupan manusia, sejak berabad-abad lamanya, baik sebagai penyedia sumber makanan, bahan baku industri, mencegah banjir dan erosi, hingga fungsi rekreasi.

Pohon mangrove kata Kapolda, dapat menahan abrasi, mencegah perembesan air laut, menyediakan makanan dan mineral bagi hewan laut, serta dapat menjaga stabilitas ekosistem pantai.

"Penanaman pohon mangrove ini dengan harapan dapat mengembalikan ekosistem yang telah rusak, dan kelak dapat dinikmati anak cucu kita,” katanya.

Baca juga: Pemkot tanam 1.000 bibit mangrove di Teluk Palu
Baca juga: JARI: Bangun tanggul Teluk Palu tanggul, tapi jangan lupa tanam bakau
Baca juga: Peringatan Hari Bumi di Palu di tandai tanam 2000 pohon mangrove


Penanaman mangrove dilakukan bersama unsur forum komunikasi pimpinan daerah, pejabat dinas terkait, pelajar dari tingkat sekolah dasar hingga mahasiswa.

Penanaman mangrove ini dilakukan serentak se Indonesia berdasarkan amanat Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Penanam pohon di Polda Sulteng mengangkat tema Polri peduli penghijauan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir.

Polda Sulteng melalui Direktorat Polisi Perairan dan Udara sebagai penyelenggara bersama dinas terkait menyedia bibit mangrove sebanyak 3.000 pohon dari target 10.000 pohon.

Usai penanaman tersebut, acara dilanjutkan dengan penyerahan bibit ikan lele dan pohon ketapang kepada masyarakat.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar