Palu (ANTARA) - Bupati Banggai Herwin Yatim yang didampingi Wakil Bupati Mustar Labolo dan sejumlah pejabat daerah tersebut, Rabu (24/4) pagi hadir di Kantor Pusat PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta dalam rangkaian acara pencanangan Banggai sebagai Kabupaten Nabung Saham.

Untuk pencanangan tersebut, Herwin Yatim akan diberi kehormatan membuka perdagangan saham di Lantai Bursa BEJ Jakarta untuk perdagangan hari Rabu (24/4) pada pukul 10.00 WIB, serta penandatanganan piagam kerja sama antara Pemkab Banggai, BEI dan Phintraco Sekuritas untuk pemasyarakatan Pasar modal melalui program sosialisasi, berupa literasi  dan edukasi ke ASN dan masyarakat Kabupaten Banggai.

Siaran pers Kantor Perwakilan BEI Palu menulis, untuk mendukung program Kabupaten Banggai sebagai Kabupaten Nabung Saham, tahap awal yang akan dilakukan adalah dengan program sosialisasi dan edukasi ke ASN khususnya kepala desa dan masyarakat Kabupaten Banggai.

Dengan harapan  ada kemudahan akses investasi perlu dilakukan hingga ke tingkat desa sehingga dapat memperkecil kesenjangan antardaerah dan bertujuan menyejahterakan masyarakat serta menjadikan masyarakat menjadi cerdas,  sehingga terhindar dari adanya penawaran Investasi bodong yang marak terjadi akibat minimnya pengetahuan masyarakat akan produk Investasi yang legal.

Kabupaten Banggai mempunyai luas wilayah 9.672 kilometer persegi dan populasi penduduk 365.616 jiwa, serta memiliki potensi ekonomi  yang sangat tinggi mulai dari pertanian, perikanan dan kelautan, peternakan, pertambangan dan sektor pariwisata.

Jika dilihat dari potensi kabupaten Banggai dan berdasarkan data KSEI jumlah investor pasar modal / SID kabupaten Banggai saat ini berjumlah 291 SID, angka ini menempati urutan tertinggi kedua setelah Kota Palu sebanyak 1.101 SID, maka sangatlah wajar jika Kabupaten Banggai dicanangkan sebagai Kabupaten Nabung Saham oleh Pemkab Banggai, dengan harapan  Kabupaten Banggai akan mejadi pusat pertumbuhan Investor di Sulawesi Tengah serta menjadikan Instrumen Investasi (Saham) sebagai tolls demokratisasi ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat Banggai.
  Bupati Banggai Herwin Yatim, Wabub Mustar Labolo dan sejumlah pejabat Pemda Banggai saat berada di Gedung BEJ Jakarta, Rabu (24/4) (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Pewarta : --
Editor : Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2024