Anggota DPR Dapil Sulteng genjot peningkatan status IAIN Palu jadi UIN

id IAIN Palu

Anggota DPR Dapil Sulteng genjot peningkatan status IAIN Palu jadi UIN

Anggota Komisi X DPR-RI Sakinah Aljufri menyerahkan dukungan tertulis alih status IAIN Palu menjadi UIN diserahkan kepada Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd, di IAIN Palu, Kamis. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

"Insya Allah dengan kabar yang saya dengan dari Rektor IAIN Palu, saya akan genjot prosesnya," katanya.
Palu (ANTARA) - Anggota Komisi X DPR-RI dari daerah pemilihan Sulawesi Tengah Sakinah Aljufri mendukung peningkatan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu.

"Saya gembira mendengar kabar progres alih status IAIN Palu menjadi UIN dari Rektor IAIN Palu yang sudah sampai di Kementerian Pendayaguanaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi," ucap Sakinah Aljufri di Palu, Kamis.

Sakinah berjanji akan mengawal dan membantu proses IAIN Palu menjadi UIN Datokarama melibatkan Fraksi PKS dan Komisi X di DPR-RI.

"Insya Allah dengan kabar yang saya dengan dari Rektor IAIN Palu, saya akan genjot prosesnya. Saya akan sampaikan ke fraksi, dan saya akan sampaikan ke komisi dan Insya Allah ke lintas komisi," kata Sakinah.

Koordinasi dan komunikasi itu untuk mempercepat pengurusan IAIN Palu menjadi UIN Datokarama Palu, yang telah menjadi kebanggaan dan cita-cita besar komponen civitas akademika dan masyarakat di Sulteng.

Ia berharap ketika IAIN Palu menjadi UIN akan menjadi perguruan tinggi Islam negeri terbesar di Sulteng, tidak hanya dari sisi fisik melainkan dalam peran dan pengembangan sehingga lebih dapat menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat di Sulteng.

Di sisi lain, sebut dia, menjadi UIN bukan untuk mematikan atau meredam program-program studi agama, melainkan program studi agama yang ada di IAIN Palu harus lebih berkembang ketika jadi UIN.

"Ini sudah cukup lama proses alih status ini, ini sudah selayaknya, sudah seharusnya menjadi prioritas Pemerintah Pusat dalam membangun dan mengembangkan PTKIN," sebutnya.

Dirinya atas nama wakil rakyat daerah Sulteng sangat berharap kepada Pemerintah Pusat di Jakarta untuk merespon permohonan IAIN Palu menjadi UIN.

Sakinah Aljufri menyampaikan dukungan tidak hanya dalam bentuk lisan, tetapi juga dalam bentuk tulisan. Dukungan itu diserahkan langsung kepada Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd, saat Sakinah Aljufri melaksanakan reses (jaring aspirasi) di lingkungan IAIN Palu, Kamis.

Terkait hal itu Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi berharap hadirnya wakil rakyat Sakinah Aljufri di IAIN Palu membawah berkah bagi perguruan tinggi tersebut.

Kepada Sakinah Aljufri, Prof Sagaf menyampaikan beberapa hal meliputi perkembangan alih status IAIN Palu menjadi UIN, rencana pembangunan dan pengembangan kampus dua IAIN Palu di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi.
Anggota Komisi X DPR-RI Sakinah Aljufri mendengar sepatah kata Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd terkait rencana pengembangan IAIN Palu, saat dirinya melaksanakan reses (jaring aspirasi) di di IAIN Palu, Kamis. (ANTARA/Muhammad Hajiji)