Gubernur Minta Bupati Donggala Tingkatkan Prestasi

id longki

Gubernur Minta Bupati Donggala Tingkatkan Prestasi

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola (FOTO ANTARA/Fiqman Sunandar)

...agar meningkatkan prestasi dari kepala daerah sebelumnya.
Palu,  (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meminta Bupati Donggala Kasman Lassa yang dilantik, Rabu, agar meningkatkan prestasi dari kepala daerah sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Longki Djanggola saat melantik Bupati Donggala Kasman Lassa dan wakilnya Vera S Laruni di Kantor DPRD Donggala.

Longki mengatakan prestasi Kabupaten selama dipimpin Bupati Habir Ponulele mampu mempersembahkan Piala Adipura selama lima kali, dan hal itu adalah yang tropi terbanyak yang mampu dicapai sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah.

Selain itu, Gubernur Longki juga berpesan kepada pasangan kepala daerah itu agar mempertahankan laporan keuangan dengan predikat wajar tanpa pengecualian seperti yang disampaikan beberapa waktu lalu.

Menurutnya, prestasi tersebut adalah sebuah kebanggaan yang harus dipertahankan sekaligus ditingkatkan.

Dalam pelantikan itu hadir pula sejumlah kepala daerah dan kepala DPRD di wilayah provinsi Sulawesi Tengah. Selain itu hadir pula anggota komisi III DPR RI Syarifuddin Sudding.

Kasman Lassa dan Vera S Laruni adalah pasangan Bupati dan Wakil Bupati Donggala 2014-2019 yang mampu memenangkan Pilkada daerah itu pada 4 September 2013.

Saat itu, pasangan yang melaju dari jalur perseorangan itu mengungguli pasangan Anita Nurdin - Abdul Chair Mahmud.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Donggala menetapkan pasangan Kasman Lasa-Vera Laruni sebagai pemenang pilkada putaran kedua dengan raihan 76.916 suara atau 55,87 persen. Sementara pasangan Anita Nurdin-Abdul Chair Mahmud memperopleh 60.753 suara atau 44,13 persen.

Anita Nurdin - Abdul Chair Mahmud didukung Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Keadilan Sejahtera

Kasman Lassa - Vera S Laruni sebenarnya bukanlah satu-satunya pasangan yang melaju dari jalur perseorangan.

Dari delapan pasangan yang ikut Pilkada Donggala putaran pertama pada 4 September 2013, terdapat tiga pasangan dari jalur independen yakni Kasman Lassa - Vera Laruni, Burhanuddin Lamadjido - Ta`rifin Masuara, dan Irham - Alfred Kabo.

Dari ketiganya, hanya Kasman Lassa - Vera Laruni yang memiliki suara terbanyak hingga akhirnya melaju ke putaran ke dua, dan akhirnya akan menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Donggala 2013-2018. (skd)