Pemprov Sulbar Studi Banding Pembentukan Kotamadya Mamuju

id sulbar

Pemprov Sulbar Studi Banding Pembentukan Kotamadya Mamuju

Sulawesi Barat (antaranews)

Mamuju,  (antarasulteng.com)- Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan melakukan studi banding pembentukan Kabupaten Mamuju menjadi Kotamadya Mamuju di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

"Pemerintah di Sulbar akan melakukan studi banding pembentukan Kotamadya Mamuju di Batam Provinsi Kepri 5 November 2014," kata Asisten I Pemprov Sulbar, Jamil Barambangi di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, studi banding pembentukan Kotamadya Mamuju dilaksanakan di Batam, karena Batam merupakan kota yang menjadi salah satu ibukota Provinsi di Indonesia dengan memiliki wilayah kepulauan.

"Mamuju dan Batam memiliki kesamaan karena Kota Batam memiliki banyak pulau seperti dengan Mamuju, makanya pembentukan Mamuju menjadi Kotamadya merujuk ke daerah itu, sehingga pemerintah di Sulbar melakukan studi banding kesana," katanya.

Menurut dia, hasil studi banding yang dilakukan itu akan menjadi rujukan untuk menjadi kajian pembentukan Mamuju menjadi Kotamadya karena sebelumnya pemerintah di kabupaten Mamuju telah melakukan kajian lebih awal.

"Hasil kajian dari pemerintah Kabupaten Mamuju dan Provinsi Sulbar akan dimintai persetujuan dari DPRD Provinsi Sulbar dan DPRD Mamuju, selanjutnya akan diajukan ke Mentri Dalam Negeri (Mendagri) untuk nantinya menjadi bahan penetapan Mamuju menjadi Kotamadya oleh pemerintah pusat dan persetujuan DPR," katanya.

Sebelumnya telah dianggarkan studi pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Kota Mamuju sebesar Rp200 juta melalui APBD Kabupaten Mamuju.

Kepala Badan Pembangunan Daerah Kabupaten Mamuju, Rakhmat Thahir mengatakan, peningkatan status Kabupaten Mamuju menjadi Kotamadya adalah sebuah kebutuhan dan mutlak dilaksanakan sehingga dipersiapkan sejak dini segala upaya yang bisa mendukung pelaksanaannya.

Sementara Bupati Kabupaten Mamuju Drs Suhardi Duka MM mengatakan, target membentuk Kotamadya Mamuju diupayakan akan dapat direalisasikan  sebelum masa jabatannya pada tahun 2015 mendatang berakhir.

Menurutnya ketika Kotamadya Mamuju terbentuk maka akan digabung sejumlah Kecamatan diantaranya Kecamatan Mamuju, Simboro Kepulauan, Tapalang dan Tapalang Barat.

Sementara enam Kecamatan lainnya di Kabupaten Mamuju akan tetap mengabung di wilayah Kabupaten Mamuju meliputi Kecamatan Papalang, Kecamatan Tommo, Sampaga, Kalumpang, Bonehau dan Kecamatan Balabalakang.
Ia berharap agar peningkatan status Kabupaten Mamuju menjadi kotamadya dapat bermuara pada pesatnya pembangunan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan memaksimalkan pelayanan pemerintahan.(skd)