Penjabat Gubernur Sulbar raih penghargaan Indonesia Award 2023

id indonesia award, inovasi, digitalisasibirokrasi,penghargaan

Penjabat Gubernur Sulbar raih penghargaan Indonesia Award 2023

Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh (tiga dari kiri) saat menerima penghargaan Indonesia Award 2023 kategori Excellent Award for Strategic Initiative Digitalisasi Tata Kelola Pemerintahan. (ANTARA/HO/Diskominfo Sulbar)

Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh meraih penghargaan Indonesia Award 2023 atas terobosan yang dilakukan dalam mempermudah pelayanan publik melalui digitalisasi birokrasi.

"Dengan digitalisasi, semua bisa diselesaikan dengan cepat dan memudahkan pelayanan kepada publik," kata Zudan Arif Fakrulloh, di Mamuju, Jumat.

Penjabat Gubernur meraih penghargaan Kategori Excellent Award for Strategic Initiative Digitalisasi Tata Kelola Pemerintahan, atas terobosan yang dilakukan dalam menata pemerintahan di lingkup Pemprov Sulbar

Diketahui, meski baru tiga bulan menjabat sebagai Penjabat Gubernur, namun beberapa program yang dihadirkan Zudan Arif Fakrulloh dinilai berhasil mengubah sistem pelayanan publik yang lebih efisien dan efektif.

Bahkan, setelah dua pekan menjabat, yakni pada Mei 2023, Zudan Arif Fakrulloh berhasil menerapkan tanda tangan elektronik pada OPD melalui aplikasi Srikandi.

"Tujuannya, memudahkan pelayanan administrasi pemerintahan," ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Dalam hal merespon aspirasi masyarakat, Penjabat Gubernur Sulbar juga mengarahkan seluruh OPD agar membangun komunikasi yang baik dengan setiap lapisan masyarakat melalui audiensi.

Hingga Agustus 2023, Penjabat Gubernur sudah melakukan 87 audiensi dengan sejumlah kalangan di Sulbar.

Bahkan Penjabat Gubernur Sulbar sendiri telah membuka ruang komunikasi dengan masyarakat melalui media sosial dan mengarahkan pimpinan OPD menerapkan hal serupa.

Dalam rangka memaksimalkan pelayanan publik, Penjabat Gubernur Sulbar juga memerintahkan setiap OPD membuka layanan pengaduan yang bisa diakses masyarakat secara digital.

Hal lain adalah, pertemuan-pertemuan membahas permasalahan daerah melalui webinar, termasuk penerapan upacara setiap Senin yang digelar secara virtual.

"Harapannya, seluruh ASN dapat hadir, termasuk ASN yang bertugas di enam kabupaten agar menghadiri upacara tersebut," kata Zudan Arif Fakrulloh..

Hal inilah mendasari Penjabat Gubernur meraih penghargaan atas dedikasinya dalam menata sistem pemerintahan di lingkup Pemprov Sulbar

Penghargaan Indonesia Award 2023 dilaksanakan setiap tahunnya oleh iNews sebagai wujud apresiasi kepada para figur, tokoh, pemimpin lembaga negara, pemimpin daerah dan instansi yang berperan positif bagi Indonesia.